Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Bikin Rupiah Melemah ke Kisaran Rp 13.700 Per Dollar AS

Kompas.com - 03/02/2020, 08:54 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Senin (3/2/2020) mengalami pelemahan hingga berada di atas level 13.700.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 08.45 WIB, rupiah berada di level Rp 13.705 per dollar AS atau melemah 0,37 persen dibandingkan penutupan Jumat Rp 13.655 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, virus corona kembali membuat kekhawatiran pasar. Hal itu lantaran laporan terbaru menyebut jumlah orang yang yang tewas akibat corona mencapai 361 orang.

"Kabar bertambahnya penyebaran virus corona di China dan global memicu kembalinya kekhawatiran pasar sehingga harga aset-aset berisiko mengalami penurunan," katanya kepada Kompas.com.

Baca juga: Mulai Rabu, Garuda Hentikan Sementara Penerbangan dari dan ke China

Ia juga memproyeksikan perekonomian China bisa melambat akibat virus corona. Ini juga berdampak melambatkan laju pertumbuhan ekonomi global.

Di sisi lain, Bank Sentral China melakukan upaya stimulus dengan menyuntikan dana ke pasar repo sebesar 1,2 triliun yuan.

Kebijakan Ini dinilai mampu menahan laju penurunan aset berisiko dan penurunan yield obligasi pemerintah AS, yang sekarang berada di kisaran 1,5 persen

"Selain itu kebijakan ini juga bisa menahan laju penguatan dollar terhadap mata uang emerging markets," sebutnya.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak melemah pada level Rp 13.630 per dollar AS sampai dengan Rp 13.680 per dollar AS.

Baca juga: Virus Corona Masih Akan Membayangi IHSG Pekan Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com