Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Hanya 35 Persen Masyarakat Jakarta Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 04/02/2020, 21:18 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut hanya 35 persen penduduk Jakarta yang intensif menggunakan transportasi umum.

Jika dibandingkan tetangga seperti Singapura Indonesia masih belum maksimal dalam penggunaan transportasi umum.

"Jumlah pengguna angkutan umum di Jakarta masih 32 persen, sementara seperti Singapura dan Jepang itu 60 persen dan 70 persen," ucapnya di Hotel LeMeriden, Selasa (4/1/2020).

Untuk itu ia mengatakan pemerintah akan gencar mengejar pembangunan transportasi publik seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

Baca juga: Menhub Sebut MRT Sampai Tangerang Selatan Sudah Masuk Rancangan

"Sebab dengan adanya MRT dan LRT sudah menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta dalam hal bepergian, ini merupakan keniscayaan dengan hadirnya kedua moda transportasi tersebut angkutan massal pun menjadi lebih efisien," ucapnya.

Seperti diketahui Seperti diketahui Pembangunan moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT) fase II rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kota direncanakan mulai dibangun pada Maret 2020 dan akan selesai 2023. kemudian pembangunan MRT di daerah timur dan barat akan dimulai sekitar tahun 2022 dan akan selesai pada 2026 mendatang.

Sedangkan LRT Pemerintah mengejar target resmi beroperasi pada Desember 2021. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com