Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Merah Sentuh Rp 100.000 Per Kilogram di Pasar Senen

Kompas.com - 05/02/2020, 19:31 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga cabai merah sejak awal tahun tak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Di Pasar Senen, Jakarta Pusat misalnya, harga cabai merah telah menyentuh angka Rp 100.000/kg. Hal ini diakui oleh pedagang di pasar tersebut.

"Harga cabai Rp 100.000 per kg. Naik karena memang musim hujan ya ," ucap Sofian, salah satu pedagang di Pasar Senen kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

Baca juga: Jokowi Pernah Jengkel karena Harga Cabai

Menggapai kenaikan harga cabai tersebut, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri menyebut harga akan semakin naik.

"Saya sudah peringatkan ke Kementerian Perdagangan, semenjak sudah Rp 50.000 cabai ini akan naik terus, sekarang trennya akan naik di DKI Jakarta jika tidak ada pasokan dari daerah lain," ucap Abdullah saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Abdullah, dalam mengatasi kenaikan harga cabai di Jakarta, pemerintah harus segera memberikan subsidi distribusi agar pasokan bisa segera kembali normal dan menurunkan harga.

"Saya rasa pemerintah harus segera subsidi distribusi dan kucuran segera dari daerah sentra cabai, jika tidak stok bakal semakin habis," katanya.

Baca juga: Pengusaha Ayam Geprek Keluhkan Harga Cabai Rawit yang Melambung

Sebagai perbandingan, Abdullah sendiri mengatakan selama Januari-Februari 2019 lalu, harga cabai merah berkisar Rp 35.000 hingga Rp 40.000/kg.

Namun, belakangan ini harga cabai merah sempat melambung hingga menembus Rp 110.000 per kg. Harga ini hampir setara dengan harga daging sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com