Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serah Terima Jenazah JB Sumarlin, Sri Mulyani Merasa Kehilangan

Kompas.com - 10/02/2020, 11:04 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengadakan serah terima jenazah mantan Menteri Keuangan Johannes Baptista Sumarlin alias JB Sumarlin di Aula Dhanalapa, Kementerian Keuangan, Senin (10/2/2020).

Upacara yang terlaksana pada pukul 09.00 WIB usai keluarga mengadakan misa di Gereja Kathedral, Jakarta itu dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri Mulyani mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) hitam putih.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengakui kehilangan tokoh nasional tersebut. Dia  mengatakan, kepergian JB Sumarlin juga meninggalkan luka mendalam bagi Kementerian Keuangan.

Baca juga: JB Sumarlin Meninggal Dunia, Ini Gebrakannya Selama Menjabat Menkeu

"Kepergian JB Sumarlin tidak hanya meninggalkan duka mendalam untuk keluarga, namun kami keluarga besar Kementerian Keuangan dan seluruh bangsa Indonesia," kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Wanita yang kerap disapa Ani ini menuturkan, JB Sumarlin banyak memberikan kontribusi kepada negara yang patut diteladani.

"Jasa beliau bukan hanya berarti bagi Kemenkeu, sebagai salah satu lembaga yang menjalankan fungsi sebagai bendahara negara, yang pernah dipimpin oleh beliau. Karena beliau juga pernah memimpin berbagai kementerian," ujarnya.

Selain Sri Mulyani yang memimpin acara, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Baca juga: Sri Mulyani Ngemong Cucu Naik Delman Keliling Monas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com