Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Bandara Kualanamu, AP II Fokus Perbaiki Tiga Fasilitas Ini

Kompas.com - 10/02/2020, 16:00 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

TANGGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II akan segera melakukan perbaikan fasilitas setelah nantinya resmi mendapatkan mitra bisnis untuk pengembangan dan pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan ada tiga prioritas perbaikan fasilitas yang akan dilakukan.

Prioritas pertama yaitu dilakukan perbaikan fasilitas perluasan gedung kapasitas terminal. Dalam hal ini perluasan gedung kapasitas akan dilakukan dengan membangun tambahan strategis mengingat kapasitas Kualanamu saat ini masih mampu menampung 8 juta penumpang.

"Paling tidak kapasitasnya akan kami naikkan double digit yaitu 15 juta sampai 18 juta penumpang makanya kita besarin," ujarnya usai ditemui dam Press Conference Strategi Partnership Bandara Kualanamu di Tanggerang, Senin (10/2/2020).

Baca juga: 39 Perusahaan Ajukan Minat Jadi Mitra Pengelola Bandara Kualanamu

Perbaikan fasilitas prioritas kedua yaitu akan ditambahkannya luasan dari sisi udara dan ketiga dilakukan pengembangan tambahan runway.

"Tapi ini kembali lagi pada tahapan yang harus sesuai kesepakatan dulu, misalnya kondisi traffic tertentu sedang ramai atau tidak termasuk fasilitas yang lain seperti luasan jangkauan penerbangan dan sebagainya," jelasnya.

Awalludin juga mengatakan fokus prioritas pengembangan adalah perluasan gedung terminal.

"Nanti ketika mitra strategis sudah masuk dan kemudian sudah mulai beroperasi atau 2 tahun sudah crossing perencanaan pembangunan ini harus sudah terjadi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com