Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Hidangan Terlaris di GoFood

Kompas.com - 11/02/2020, 15:32 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup) on demand Gojek melaporkan, ada beberapa makanan dan minuman yang laris dipesan sepanjang 2019 melalui layanan Gofood

Chief Food Officer Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, setidaknya terdapat 3 hidangan yang menjadi favorit pelanggan untuk dipesan yakni ayam geprek, es kopi susu, dan pisang goreng.

Dia menyebut, larisnya hidangan tersebut juga tak lepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyukai kuliner khas lokal, yang banyak dibuat oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: Gojek Rilis 4 Fitur Baru untuk GoFood, Apa Saja?

"Yang namanya ayam geprek itu tested, sudah melalui beberapa zaman. Kopi susu juga sama. Pisang goreng sama, orang Indonesia enggak bisa jauh dari gorengan," kata Catherine di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Lebih lanjut Catherine menuturkan, ayam geprek telah terjual sekitar 300 juta porsi, setara dengan jarak pulang-pergi (PP) Jakarta-Kalimantan bila disusun memanjang.

Sementara es kopi susu telah terjual 15 juta gelas. Volume tersebut kata dia, mampu mengisi 2,5 kali kolam renang standar olimpiade. Kemudian, lebih dari 5 juta pisang goreng terjual dan disebut setara dengan 116 kali tinggi Gunung Rinjani.

Baca juga: Perombakan BUMN Berlanjut, Erick Thohir Ganti Bos Bahana

"Jadi hal ini benar-benar merealisasi misi kita memberdayakan UMKM, dan membantunya tumbuh. Karena semenjak join dengan Gojek, pendapatan mereka meningkat 3,5 kali lipat menurut survei lembaga demografi UI," jelas Catherine.

Adapun hingga saat ini, merchant Gofood telah mencapai 500.000 merchant, meningkat 17 kali lipat. Pada april 2018, merchant Gojek hanya sekitar 125.000. Dari total tersebut, 96 persen merchant adalah UMKM.

Hingga saat ini, aplikasi Gofood telah menyuguhkan 16 juta menu dengan order selesai meningkat 30 kali lipat.

Baca juga: Punya Nilai SKD Sama, Ini Aturan Peserta CPNS Bisa Ikut Tes SKB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com