Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kembangkan Bisnis LNG di Pasar Global, PGN Gandeng Perusahaan China

Kompas.com - 18/02/2020, 17:05 WIB
Inang Sh ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negata (PGN) Syahrial Mukthar mengungkapkan, salah satu proyek strategis PGN adalah program pengembangan bisnis liquefied natural gas (LNG) di pasar internasional.

Kini, PGN telah memproyeksikan perluasan pasar LNG di China dengan menggandeng perusahaan EPC dan Manufacturer asal Tiongkok, yaitu WnD (Liaoning) Heavy Industry Co.,Ltd.

Menurut Syahrial, lewat kerja sama ini, WnD telah menyediakan solusi logistik LNG skala kecil di China.

“Dengan demikian, ada peluang untuk kerja sama ini dalam upaya mengembangkan industri LNG skala kecil di China dan regional,” kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Pemerintah: Belum Ada Rencana Naikkan Harga Gas dan Listrik Tahun Ini

Syahrial melanjutkan, tidak menutup kemungkinan akan ada potensi kerja sama lain yang berdasar pada kesepakatan karena China memiliki potensi besar dan beragam peluang bisnis untuk dijelajahi.

Menurut dia, saat ini China membutuhkan sumber energi global untuk konsumsi energi yang terus meningkat.

Berdasarkan perhitungan PGN, China memiliki potential demand gas per LNG yang terus bertambah lebih dari 15 persen setiap tahun.

Baca juga: Penurunan Harga Gas Industri Diharap Tak Matikan Industri Mid Stream Gas

Kondisi itu bagi Syahrial menjadi hal yang tepat karena PGN dapat berkontribusi dengan mengutamakan portofolio LNG dari domestik.

Sementara itu, perjanjian kerja sama tersebut ditandatangai Syahrial dan Direktur Utama WnD Zhu Yanping William, Jumat (7/02/2020).

Sesuai MoU, dalam jangka satu tahun ke depan akan dijalankan aktivitas agar rencana PGN untuk masuk ke small-scale LNG di Tiongkok dan regional dapat terwujud sesuai rencana.

Optimalkan portofolio

Syahrial melanjutkan, PGN selaku subholding gas saat ini berinisiatif mengembangkan bisnis LNG dalam skala internasional untuk mengoptimalkan portofolio LNG domestik atau global.

Untuk itu, kerja sama dengan WnD itu sejalan dengan upaya memperluas layanan dan portofolio LNG di tingkat global.

“Kami sangat antusias mewujudkan kerja sama ini. WnD adalah perusahaan engineering, pengadaan, dan konstruksi LNG, CNG, dan peralatan kriogenik, sehingga menjadi penyedia solusi logistik LNG maupun CNG yang terintegrasi,” ujar Syahrial.

Ia pun berharap, baik PGN maupun WnD dapat saling melakukan eksplorasi lebih jauh mengenai perkembangan LNG lewat kerja sama ini.

Baca juga: Jokowi Minta Harga Gas Diturunkan, Februari 2020 Masih Ada yang Mencapai 13,5 Dollar AS

Dalam pelaksanaannya, PGN dan WnD setuju akan saling berkoordinasi dalam pertukaran data serta informasi yang relevan sesuai kebutuhan demi keberhasilan penerapan kerja sama.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com