Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop dan UKM dukung Gerakan Papua Muda Inspiratif

Kompas.com - 18/02/2020, 22:00 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendukung Gerakan Papua Muda Inspiratif untuk melahirkan lebih banyak wirausaha muda di Papua.

Dalam pertemuannya bersama dua Staf Khusus Presiden Jokowi yakni Billy Mambrasar dan Putri Tanjung, Teten menyatakan dukungannya secara penuh terhadap gerakan untuk melahirkan lebih banyak enterpreneur di Papua dan Papua Barat.

“Kami 100 persen mendukung gerakan Papua Muda Inspiratif untuk melahirkan enterpreneur baru,” kata Teten dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Terlebih Presiden juga sudah memprioritaskan pembangunan Papua dan pembangunan berbasis sumber daya manusia melalui pemberdayaan ekonomi sebagai alternatif yang baik untuk membuat perubahan di Papua.

Billy Mambrasar yang juga putra asal Papua itu mengatakan pihaknya menyambut baik dukungan Kemenkop dan UKM untuk bisa mewujudkan lebih banyak wirausaha muda baru di Papua.

“Menteri Koperasi dan UKM juga akan bekerja sama dengan Mendikbud untuk bersama mendisain pengembangan SDM, yang menjadi masa depan UMKM ini nanti. Kita harus siapkan dari sekarang secara sistematis. Fokus pendidikan diarahkan dengan potensi lokal daerah yang bersangkutan. Unggulannya.

Misal Raja ampat unggulannya ecotourism, Sorong industri makanan,” katanya.

Sejauh ini Gerakan Papua Muda Inspiratif yang diinisiasi langsung oleh Billy Mambrasar telah menggerakkan lebih dari 308 entrepreneur muda Papua untuk kemudian bisa dikapitalisasi usahanya.

“Mereka usahanya sudah berjalan dan Kemenkop menyambut baik dan memberikan dukungan kepada mereka,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com