Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disahkan Besok, KKP Jelaskan Usulan Realokasi Anggaran KKP Rp 150 Miliar

Kompas.com - 24/02/2020, 21:18 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan usulan perubahan alokasi anggaran (realokasi) eselon I tahun 2020 sekitar Rp 150 miliar kepada Komisi IV DPR RI.

Sekretaris Jenderal KKP Nilanto Perbowo mengatakan, realokasi anggaran KKP 2020 dilakukan untuk mendorong program prioritas pemerintah untuk budidaya di sektor kelautan dan perikanan.

Artinya, anggaran eselon I yang direalokasi akan dipergunakan untuk membangun pengembangan budidaya.

"Pagu anggaran kami tetap, tapi ada relokasi untuk mendorong program prioritas pemerintah untuk budidaya, masing-masing eselon I optimalisasi anggaran untuk didorong ke budidaya. Totalnya Rp 150 M sekian," kata Nilanto di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Satgas 115 Disebut Boros Anggaran, Ini Respons KKP

Kendati demikian, realokasi anggaran Rp 150 miliar dari anggaran kementerian KKP senilai Rp 6,5 triliun tahun 2020 ini baru berupa penjelasan usulan.

Nilanto bilang, angka akhir akan kembali dirapatkan oleh Menteri KKP Edhy Prabowo bersama Komisi IV DPR RI esok, Selasa (25/2/2020).

"Nah tapi ini belum putus, baru di level eselon I, Jadi besok (Selasa,25/2/2020) rapat kerja dengan Pak Menteri untuk angka akhirnya ketok palu. Jam 10.00 WIB Pak Menteri papat kerja dengan Pimpinan komisi IV," ungkap Nilanto

Sebagai informasi, realokasi anggaran tersebut terdiri dari 9 program dan 9 eselon. Bila dirinci, 4 eselon I yang berencana merealokasi pagu anggaran, antara lain Ditjen Pengelolaan Ruang Laut dari Rp 507 miliar menjadi Rp 504 miliar dam Ditjen PSDKP dari Rp 1,06 triliun menjadi Rp 1,035 triliun.

Ada pula Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dari Rp 1,86 triliun menjadi Rp 1,79 triliun, serta Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan dari Rp 601 miliar menjadi Rp 596 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com