Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2021, Pemerintah akan Bangun Bandara di Ibu Kota Baru

Kompas.com - 26/02/2020, 14:11 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membangun bandara baru bertaraf internasional di lokasi ibu kota baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada tiga investor yang berminat untuk membangun bandara tersebut, yaitu Jepang, China, dan Korea Selatan.

Untuk desain bandara tersebut akan disayembarakan terlebih dahulu. Rencananya, pembangunan bandara ketiga ini ditargetkan mulai akhir tahun 2021 mendatang.

"Ya kalau dari Jepang Cina Korea biasanya kereta, termasuk bandara. Jadi desain akan disayembarakan dulu, setelah itu bikin project-nya," katanya di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Baca juga: Jakarta Banjir, Kemenhub Tegaskan Bandara Halim Perdanakusuma Beroperasi Normal

Budi menambahkan, titik lokasi pembangunan bandara internasional untuk ibu kota baru nanti akan berada di 15 kilometer (Km) dari pusat kota. Adapun skema pembiayaan menggunakan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Saat ini di Kalimantan Timur sendiri sudah ada dua bandara, yaitu Bandara Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (Sams) Balikpapan dan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda atau Bandara APT Pranoto.

Budi menjelaskan, bila dibangun lagi satu bandara di IKN, maka ketiga bandara ini akan dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero).

"Bandara akan lebih kongkret. Jadi kita akan dibundling tiga bandara menjadi suatu korporasi itu Balikpapan yang punya AP I, Samarinda yang punya Kemenhub dan kita membangun bandara internasional di IKN itu," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com