Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Uang Palsu Paling Banyak di Pulau Jawa

Kompas.com - 26/02/2020, 15:26 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasubdit Upal Bareskrim Polri Kombes Pol Victor Togi Tambunan mengatakan, peredaran uang palsu yang terungkap lebih banyak di Pulau Jawa ketimbang pulau lainnya.

"Peredaran uang palsu yang kita ungkap memang lebih banyak di wilayah Jawa. (Pulau lain) ada, tetapi tidak sebanyak yang di Jawa," kata Victor usai memusnahkan uang palsu di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia (BI), Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Victor mengatakan, di awal 2020 saja pihak kepolisian telah mengungkap uang palsu pecahan Rp 100.000 dari Bekasi.

Kemudian kasus dikembangkan lebih luas ke daerah Pulau Jawa lainnya, seperti Bogor, Wonosobo, dan Magelang.

Baca juga: BI dan Polri Musnahkan 50.087 Lembar Uang Palsu

"Ada beberapa yang sudah kita ungkap, Bekasi, Bogor, Wonosobo, dan Magelang. Uang palsu itu tidak ada nilainya. Kalau lembarannya itu hasil perkaliannya Rp 3,4 miliar dari Januari-Februari 2020," jelas Victor.

Sindikat pemalsuan, kata Victor, biasanya dilakukan oleh kelompok-kelompok.

Karena berkelompok, tak menutup kemungkinan pihak kepolisian memerlukan kerja sama dari masyarakat untuk melaporkan hal-hal yang mencurigakan soal pemalsuan.

"Tapi masyarakat yang memberikan informasi terkait adanya peredaran uang palsu ini sangat minim. Kami melihat apakah masyarakat memang belum tahu tentang uang palsunya, atau masyarakat enggan menjadi saksi di pengadilan," jelasnya.

Kendati demikian, dia tetap mengimbau masyarakat untuk tidak takut melapor. Adapun saat ini, pihak kepolisian mengandalkan penyelidikan dalam pemberantasan uang palsu.

Baca juga: BI Sebut Peredaran Uang Palsu Menurun

"Tapi kita tetap mengimbau supaya masyarakat tidak takut untuk memberikan laporan. Kalau masyarakat aktif memberikan informasi, tentunya kita akan lebih banyak lagi mengungkap peredaran uang palsu," pungkasnya.

Sementara itu dikutip dari laman Divisi Humas Polri, barang bukti Rp 3,4 miliar terdiri dari uang palsu sebanyak 21.700 lembar yang terdiri dari pecahan Rp 50.000, Rp 100 ribu, dan 100 dollar AS dengan total Rp 2,1 miliar dan dollar AS senilai Rp 1,3 miliar, beserta uang asli hasil penjualan sejumlah Rp 20 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com