Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Dampak Corona Bikin Rupiah Terkapar | 5 Fakta Kereta Cepat JKT-BDG

Kompas.com - 02/03/2020, 05:36 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Dampak Corona Mulai Dirasakan RI: Modal Asing Kabur Rp 30 Triliun, Rupiah Terkapar

Dampak persebaran virus corona ke beberapa negara di dunia yang letaknya jauh dari China mulai terasa di pasar keuangan Indonesia.

Di akhir pekan ini, nilai tukar rupiah terperosok ke level Rp 14.300 per dollar AS. Pada perdagangan Jumat (29/2/2020) kemarin, rupiah berada pada posisi Rp 14.318 per dollar AS atau melemah 2,09 persen dibanding penutupan perdagangan di hari sebelumnya yang masih di posisi Rp 14.025 per dollar AS.

Jika dilihat dalam kurun waktu satu tahun terakhir, kinerja rupiah tersebut adalah yang terlemah sejak Agustus 2019 lalu. Kala itu, rupiah berada di level Rp 14.325 per dollar AS.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) juga ditutup di zona merah pada penutupan perdagangan pekan ini.

Simak selengkapnya di sini

2. Pesangon PHK Indosat Sampai 70 Kali Gaji? Ini Kata Serikat Pekerja

PT Indosat Tbk memutuskan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK) terhadap 677 karyawannya. Berdasarkan keterangan perseroan, lebih dari 90 persen telah setuju untuk menerima paket kompensasi yang diberikan.

Perusahaan terbuka berkode emiten ISAT ini mengklaim, paket kompensasi yang ditawarkan lebih tinggi dari ketentuan undang-undang. Bahkan ada karyawan mendapatkan nilai pesangon sampai 70 kali gaji.

Ketua Bidang Humas dan Media Serikat Pekerja Indosat, Ismu Hasyim, mengungkapkan memang benar rata-rata karyawan yang terkena PHK menerima pesangon yang besarannya rata-rata sekitar 40 kali gaji.

Namun menurutnya, itu berlaku bagi karyawan yang sudah bekerja selama puluhan tahun. Sementara bagi karyawan yang baru bekerja beberapa tahun, besaran pesangon menyesuaikan dengan masa kerja.

Bagaimana detailnya? Baca di sini

3. Mulai 1 Maret Pemerintah Beri Diskon Tiket Pesawat ke 10 Destinasi Wisata

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) mulai memberikan diskon tiket pesawat ke 10 destinasi wisata mulai Minggu (1/3/2020). Diskon tersebut berlaku hingga Mei 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, diskon tersebut berlaku mulai besok sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang telah memimpin 2 kali rapat terbatas membahas diskon pesawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com