Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Penyebaran Corona, Masker akan Dibagikan ke Penumpang KRL

Kompas.com - 02/03/2020, 20:13 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merebaknya wabah virus corona ke Indonesia dengan dinyatakannya 2 orang positif corona pada Senin (2/3/2020) membuat berbagai pihak melakukan antisipasi.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) misalnya, juga ikut mencegah penyebaran virus dan memberikan pelayanan bagi pengguna, utamanya commuter line yang merupakan transportasi publik.

VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba mengatakan, para pengguna jasa KRL dapat mengunjungi pos kesehatan yang tersebar di 30 stasiun bila mempunyai keluhan kesehatan

"Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan kepada pengguna jasa KRL yang memiliki keluhan. Apabila keluhannya berat, petugas kesehatan akan mendampingi hingga mendapatkan rujukan ke rumah sakit terdekat," kata Anne dalam siaran pers, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Bahan Baku Langka, BUMN Ini Stop Produksi Masker

Untuk mencegah, pihaknya mengaku melakukan pencucian kereta sebelum maupun sesudah operasi. Pencucian kereta pun dilakukan sesuai standar kebersihan yang sudah ditetapkan dengan menggunakan disinfektan.

"Selain itu, PT KCI melakukan sosialisasi dan edukasi tentang cara mencuci tangan yang bersih, etika bersin/batuk di tempat umum, serta pemasangan media sosialisasi terkait virus corona dan pencegahannya di 80 stasiun KRL," ujar Anne.

PT KCI juga telah menyosialisasi dan mengantisipasi penyebaran sejak 3 Februari 2020 hingga saat ini, dengan membagikan masker gratis kepada pengguna jasa.

Pembagian masker gratis dilakukan serentak di Stasiun Tanah Abang, Bogo, Juanda, Kebayiran, Bekasi, Sudirman, Sudimara, Manggarai, Cakung, Tebet, Jakarta Kota, Duri, dan Depok Baru.

Dibagikan pula di stasiun Cikini, Gondangdia, Pasar Minggu, Serpong, Klender, Rangkasbitung, Maja, Parung Panjang, Bojong Gede, Depok, dan Tangerang.

Pembagian masker gratis dilanjutkan pada tanggal 12 Februari 2020 di Stasiun Cikarang, Lenteng Agung, Cisauk, Kampung Bandan, dan Bekasi Timur.

Pembagian masker kemudian dilakukan pada tanggal 13 Februari lalu di Stasiun Kranji, Palmerah, Mangga Besar, Citayam, Duren Kalibata, dan Jurang Mangu.

"Kegiatan pembagian masker ini terus dilakukan sampai saat ini kepada pengguna jasa," terang Anne.

Terakhir, PT KCI mengimbau para pengguna jasa melalui akun media sosial dan pengumuman di stasiun maupun di dalam kereta.

"Pengguna jasa mesti menjaga kebersihan stasiun dan kereta. Begitu pun untuk tetap menggunakan masker bagi warga yang tengah flu, batuk, dan masa penyembuhan, serta dilarang meludah di sembarang area stasiun," pungkas Anne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com