Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Berlakukan Ukur Suhu Tubuh untuk Tamu dan Pegawai

Kompas.com - 03/03/2020, 20:28 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meningkatkan pengawasan bagi pegawai hingga tamu untuk tindakan preventif penyebaran virus corona atau Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni dengan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk ke Gedung Kemenperin.

Tindakan preventif ini dijalankan setelah ada dua warga Indonesia yang sudah positif terindikasi menderita virus korona baru tersebut.

“Mulai hari ini, kami melakukan tindakan pencegahan di lingkungan Kemenperin dengan mengukur suhu tubuh setiap orang yang masuk ke kantor Kemenperin oleh tenaga medis yang kami siapkan, kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dia mengungkapkan, setiap pegawai dan tamu yang datang ke gedung Kemenperin akan diperiksa petugas dengan menggunakan thermometer infrared.

“Setiap orang yang melintas akan ditempelkan alat pengukur suhu tubuh digital di bagian kening. Pengukuran suhu tubuh dilakukan di pintu masuk gedung Kemenperin, jelasnya.

Apabila saat pengukuran suhu tubuh ada yang mencapai 37,5 derajat celsius, tamu dan pegawai tersebut akan diperiksa lebih lanjut oleh tim Balai Kesehatan Kemenperin. Hal itu untuk cepat mengidentifikasi kondisi kesehatan yang bersangkutan secara lebih detail, ujarnya.

Menurut Sigit, pengukuran suhu tubuh ini akan terus dilakukan sampai kondisi di Indonesia dinyatakan bebas dari virus corona. Sebagai tindakan preventif, Kemenperin juga menyiapkan hand sanitizer di setiap lantai gedung dan pintu masuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com