Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya di Indonesia, Produk Ini Laris Diborong Warga AS karena Corona

Kompas.com - 04/03/2020, 12:35 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Panic buying tengah melanda berbagai negara yang penduduknya terindikasi virus corona. Tak berbeda dengan Indonesia, di Amerika ada tiga produk diserbu masyarakat, seperti cairan pembersih tangan, tisu pembersih, dan tisu toilet.

Sementara itu, produk-produk lain yang berkaitan dengan penangan kesehatan karena epidemi virus corona membuat antrean panjang di toko-toko.

Ini sekaligus membuat saham-saham consumer goods di AS melonjak, seperti saham Costco (COST), Walmart (WMT), Walgreens (WBA), dan saham ritel lainnya.

"Rasanya seperti ada sedikit panic buying yang terjadi," kata Doug Baker, wakil presiden hubungan industri di kelompok perdagangan Food Marketing Institute, seperti dikutip CNBC, Rabu (4/3/2020).

Di sisi lain, ritel berusaha mengikuti demand. Analis memperkirakan, panic buying ini akan meningkatkan pendapatan bagi pengecer di awal tahun.

Dalam empat minggu, penjualan cairan pembersih tangan meningkat 73 persen, termometer tumbuh 47 persen, dan masker medis meningkat 319 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Kami mengharapkan ada pertumbuhan dari penjualan yang cepat, karena pembeli membeli makanan dan kebutuhan pokok lainnya," kata analis Cowen Oliver Chen.

Peningkatan permintaan juga akan menjadi tantangan bagi rantai pasokan pengecer dan pedagang grosir. Namun, kondisi ini tidak karena bencana alam, yang biasanya merupakan peristiwa regional, panic buying ini disebabkan akibat virus corona yang menyebar secara global.

"Pola yang kami lihat, orang bersiap menghadapi badai besar di mana kategori-kategori tertentu, seperti persediaan pembersih, akan banyak diminati," kata juru bicara Walmart.

Perusahaan bekerja sama dengan pemasok untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen. Dennis Curtin, juru bicara Weis Markets, mengatakan, Weis meningkatkan fokusnya untuk mengamankan (stok) cairan pembersih tangan di toko-toko karena produsen nasional mulai menipis.

"Kami bekerja untuk menjaga rak-rak kami penuh dengan produk-produk yang dibutuhkan layaknya saat terjadi badai salju di mana banyak orang terjebak di rumah," kata Andrea Karns, wakil presiden penjualan dan pemasaran di Karns Foods.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com