Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Masker di Kimia Farma Hanya Boleh Dua Lembar per Orang

Kompas.com - 04/03/2020, 15:01 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah memerintahkan PT Kimia Farma (Persero) Tbk untuk membatasi masyarakat dalam membeli masker.

Hal ini dilakukan agar ketersediaan stok masker di Indonesia terus terjamin. Saat ini, ada sekitar 215.000 stok masker milik Kimia Farma.

“Bahkan, Kimia Farma sudah membatasi bahwa misalnya (satu) orang (tidak boleh) beli lebih dari dua,” ujar Erick saat meninjau salah satu Apotek Kimia Farma di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Erick Thohir Larang Kimia Farma Naikkan Harga Masker dan Hand Sanitizer

Selain membatasi pembeliannya, Erick Thohir juga melarang Kimia Farma menaikan harga masker. Saat ini, masker jenis kain di Kimia Farma dijual seharga Rp 2.000 per lembarnya.

“Harga kita pastikan tidak ada harga yang, maaf ketika masyarakat susah, Kimia Farma menaikkan harga. Itu fungsinya BUMN hadir untuk rakyat,” kata Erick.

Sementara itu, Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo menambahkan, pihaknya juga berencana kembali memesan masker dari China.

“Kondisi sementara ini kami masih melakukan pemesanan 7,2 juta pcs. Yang untuk masker kain kita pastikan bahwa harga 2.00 perak per pcs,” ucap dia.

Baca juga: KPPU: Belum Ada Dugaan Pelanggaran Harga Masker

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com