Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah: Keuntungan Investasi Sukuk Ritel Tak Tergerus Virus Corona

Kompas.com - 07/03/2020, 19:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Dwi Irianti Hadiningdyah menjamin keuntungan dan keamanan memilih instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN) syariah atau sukuk ritel.

Terutama saat perekonomian global tertekan oleh mewabahnya virus corona (Covid-19), SBN dinilai tidak terpengaruh signifikan.

"Penjualan sukuk ritel nggak ada pengaruhnya (dampak dari virus corona) sih. Harusnya pengaruhnya positif karena orang yang tadinya spending untuk keluar traveling, karena nggak bisa travelling harusnya dibelikan ke sukuk ritel ini," katanya ditemui di Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Pemerintah Lelang Sukuk Negara Rp 7 Triliun Pekan Depan

Berbeda dengan instrumen saham yang tahun ini pergerakan Indeks Harga Saham Gabungannya (IHSG) alami pelemahan alias anjlok sebesar 12,72 persen year to date (1 Januari hingga 6 Maret 2020).

"Tapi kalau yang dari sukuk kita terbitkan melalui lelang impact-nya banyak orang invest di sukuk kita karena paling aman. Sekarang saham kan drop, kemudian banyak investasi sekitar Rp 70 triliun default," ujarnya.

Sementara itu, pemerintah menargetkan hasil penjualan Sukuk Ritel seri SR012 sebesar Rp 8 triliun. Hingga hari ini, Dwi menyebut, penjualan SR012 mencapai Rp 3 triliun lebih.

"Kalau target tidak sebesar yang offline karena ini adalah sukuk ritel dengan platform online yang pertama sehingga kita mem-benchmark dari hasil penerbitan ORI yang sebelumnya pakai online yang tradeable sekitar Rp 8 triliun. Sampai saat ini sudah di atas Rp 3 triliun," katanya.

Baca juga: Mau Beli Sukuk SR012, Beli Secara Online di Sini

Pemerintah menawarkan seri terbaru Sukuk Ritel SR012 kepada masyarakat. Produk ini ditawarkan mulai 24 Februari hingga 18 Maret 2020.

SR012 menawarkan lima manfaat bagi para investor yaitu, aman karena dijamin oleh pemerintah, mudah diakses secara online, menarik dengan imbalan tetap 6,30 persen per tahun.

Selain itu harga yang ditawarkan terjangkau mulai dari Rp 1 juta, dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Adapun tenor atau jangka waktu investasi SR012 adalah selama tiga tahun. Penerimaan kupon dibayarkan setiap bulan di tanggal 10 terhitung mulai 10 April 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com