Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Ekspor ke China Tak Terhambat Virus Corona

Kompas.com - 11/03/2020, 20:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, kegiatan ekspor Indonesia ke China tidak ada kendala, meski virus corona merebak dengan pesat ke sejumlah negara.

Namun, impor dari China ke Indonesia justru melambat.

"Ekspor enggak ada (pengaruh), hanya memang logistik ini agak lebih lambat dari yang biasanya," ujarnya ditemui dalam rakor kebijakan stimulus dampak Covid-19 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Baca juga: Dampak Virus Corona, Ekspor China Anjlok 17,2 Persen

Agus menyatakan, aktivitas ekonomi di China mulai pulih secara perlahan. Dengan demikian, ia pun berharap kegiatan ekspor dan impor dapat kembali berjalan normal.

"Di Tiongkok ini sudah membaik, artinya kegiatan sudah mulai aktif dan itu beberapa waktu ke depan akan lebih positif karena penanganan corona sudah lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Namun, dia tidak dapat memastikan kapan aktivitas tersebut kembali lancar seperti semula.

"Kalau masalah normal, virus ini hilang kan kita enggak tahu, enggak ada yang bisa prediksi, mudah-mudahan sih cepat hilang," harap Agus.

Baca juga: Sri Mulyani: Kualitas Ekspor RI Tak Berubah dalam 20 Tahun...

Merebaknya virus corona yang berasal dari Wuhan, China kini telah meluas hingga ke 77 negara, termasuk negara-negara ASEAN.

Hal tersebut menyebabkan gangguan pada ekonomi China yang berdampak terhadap rantai pasokan global.

Secara terpisah, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, selama virus corona belum ditemukan pencegahnya, Indonesia sulit mengekspor maupun impor.

"Belum lagi, kegiatan ekspor impor kita sudah mulai menurun. Kalau ini berkelanjutan juga akan mengkhawatirkan. Apalagi kita dengar terakhir ada juga flu burung terjangkit lagi. Ini tidak pernah menyangka seperti itu situasinya. Apalagi WHO sudah menyatakan ini virus yang berdampak secara global," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com