Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Indonesia Perluas Pabrik Pelumas

Kompas.com - 12/03/2020, 14:18 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Shell Indonesia menambahkan investasinya dalam perluasan pabrik pelumas (Lubricant Oil Blending Plant/LOBP) yang berlokasi di Marunda, Bekasi.

Adapun perluasan pabrik yang telah memiliki luas lahan menjadi 9 hektar ini nantinya akan mampu memproduksi 300 juta liter produk pelumas per tahun.

Pabrik itu sebelumnya hanya menampung jumlah produksi sebesar 136 juta liter per tahun.

Baca juga: Shell Indonesia Incar Pasar di Jawa Timur

Executive Vice President Shell Global Commercial Carlos Maurer mengatakan dengan adanya investasi ini menunjukkan adanya peningkatan permintaan terhadap pelumas di Indonesia khususnya.

"Investasi penting ini menunjukkan kepercayaan terhadap Indonesia yang sejalan dengan strategi kami untuk berinvestasi di pasar dan kami melihat adanya peningkatan permintaan terhadap pelumas," ujar Maurer, Kamis (12/3/2020).

Pabrik Shell LOBP ini, lanjut dia, akan menjadi pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan internasional di Indonesia.

Pun pabrik ini akan membantu Shell dalam mengembangkan bisnis dan basis konsumen di Indonesia.

"Dengan kemampuan produksi pelumas berkelas dunia dan jaringan rantai pasokan yang terintegrasi dari Shell kami mampu menjawab peningkatan permintaan pasar di Indonesia terhadap pelumas premium dengan lebih baik lagi khususnya di bidang otomotif, industri dan marine," sambungnya.

Baca juga: Sama-sama Turun, Lebih Murah Mana BBM Shell Vs Pertamina?

Sementara itu, President Director and Country Chair Shell Indonesia Dian Andyasuri mengatakan, jumlah nominal investasi yang disediakan untuk perluasan pabrik belum bisa disebutkan, sebab masih dalam proses perluasan.

Namun, yang pasti Dian menegaskan investasi yang dikucurkan lebih besar dari jumlah investasi se-ASEAN.

"Kita enggak bisa ngomong jumlah investasinya. Nanti kalau sudah selesai baru bisa dikatakan tapi yang pasti dibandingkan yang lain jumlah investasi kita terbesar se-ASEAN, cukup untuk menggambarkan betapa pentingnya arti Indonesia untuk kita," katanya .

Selain itu, Dian juga mengatakan melalui investasi ini dapat membangun fasilitas otomatis berkelas dunia dengan relevansi lokal yang kuat dan operasional pabrik yang ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com