Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Harga Komoditas yang Melonjak, Wamendag: Situasional...

Kompas.com - 12/03/2020, 19:37 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menepis adanya ketidakharmonisan koordinasi antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian. Pasalnya, harga-harga bahan pokok pangan di pasaran akhir-akhir ini alami lonjakan.

"Saya pikir enggak. Koordinasi antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan lain-lain terjalin dengan baik selama ini," katanya di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Dia juga memastikan pasokan stok bahan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri terpenuhi. Meskipun bawang putih, bawang bombai, dan gula mengalami keterbatasan stok.

Baca juga: Bulog Akan Olah Gabah Jadi Beras Premium dengan Harga Lebih Murah

Seperti bawang bombai, di pasaran harganya menembus Rp 100.000 lebih per kilogram (kg). Namun, pemerintah melalui Kementan dan Kemendag mulai memproses izin impor bawang bombai sebanyak 2.000 kg.

"Situasional karena stoknya masih dalam proses diadakan melalui impor. Saya pikir masalah waktu saja. Kita tunggu saja, paling juga turun lagi kok," katanya.

Namun, yang paling penting bagi pemerintah yakni memastikan ketersediaan bahan pangan dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat. Terutama jelang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri.

"Paling penting masyarakat itu kebutuhannya terpenuhi. Apalagi menjelang Lebaran, jangan sampai stok itu tidak ada. Kita berusaha memastikan stok itu ada," ucapnya.

Baca juga: Gula Langka di Pasaran, Harga Melonjak hingga Rp 17.000 per Kilogram

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com