Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wabah Virus Corona, AS Bebaskan Tarif Impor untuk Produk Medis China

Kompas.com - 13/03/2020, 12:40 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Reuters

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat memberikan pengecualian tarif impor untuk beberapa produk medis dari China. Hal ini diutarakan langsung oleh Kantor Perwakilan Dagang AS pada Kamis (12/3/2020) waktu setempat.

Adapun produk medis yang dimaksud termasuk masker wajah, penutup stetoskop, dan selongsong manset tekanan darah.

Dikutip Reuters, Jumat (13/3/2020), AS menyatakan, pengecualian diberikan karena adanya wabah virus corona. Virus corona disebut mengancam sistem layanan kesehatan AS.

Baca juga: Shopee Jamin Produk China yang Dijual Terbebas Virus Corona

Pada awal bulan ini, AS juga memberikan pengecualian untuk produk medis China lainnya, termasuk tisu pembersih tangan dan sarung tangan.

Produk-produk itu dimasukkan dalam putaran keempat tarif barang-barang Cina yang diberlakukan oleh Presiden Donald Trump pada 1 September 2019, di tengah negosiasi perdagangan AS-China.

Sebelum dibebaskan tarif, produk medis China awalnya ditetapkan tarif sebesar 15 persen. Kemudian tarif tersebut diturunkan menjadi 7,5 persen pada 15 Februari lalu sebagai bagian dari perjanjian perdagangan fase I AS-China.

Kesepakatan itu menetapkan tarif sekitar 370 miliar dollar AS untuk impor dari China, termasuk 25 persen bea atas barang bernilai sekitar 250 miliar dollar AS.

Baca juga: UMKM Pun Terdampak Virus Corona, Transaksi Anjlok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com