Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Virus Corona, Aktivitas Jual Beli Ikan Tak Terganggu

Kompas.com - 13/03/2020, 14:59 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) memastikan aktivitas perdagangan ikan di Pasar Ikan Modern tak terganggu dengan mewabahnya virus corona di Indonesia.

Direktur Utama Perum Perindo Farida Mokodompit mengatakan, sejauh ini aktivitas jual beli ikan antara pedagang dan pembeli masih berjalan lancar.

Perum Perindo mencatat jumlah pedagang yang aktif sebanyak 420 pedagang dengan total transaksi kisaran Rp 4 miliar-Rp 5 miliar per bulan.

Tak hanya itu, mewabahnya virus corona tidak membuat para pedagang dan pembeli panic. Hal ini terlihat dengan tidak adanya panic buying untuk menimbun ikan.

Baca juga: Sri Mulyani Siapkan Rp 1 Triliun ke Kemenkes untuk Tangani Corona

“Sosialisasi tentang virus corona sudah kami sampaikan dan tindakan pencegahan juga telah kami suarakan kepada pedagang ikan di Pasar Ikan Modern,” ujar Farida dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/3/2020).

Sebagai langkah antisipasi, lanjut Farida, Perum Perindo menyediakan hand sanitizer di beberapa titik di Pasar Ikan Modern. Hal ini merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghadang virus masuk ke dalam tubuh.

“Tidak hanya itu, wastafel untuk cuci tangan telah disediakan beserta dengan sabun tangan,” kata Farida.

Diberitakan, hingga Jumat ini, terdapat 34 kasus pasien positif virus corona di Indonesia.

Tiga dari 34 pasien tersebut dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Sementara, satu orang dinyatakan meninggal dunia yakni pasien 25.

Selain itu, ada dua pasien yang masih harus menunggu hasil uji laboratorium kedua.

Pasien itu, yakni pasien 03 dan pasien 10. Jika hasil tes kedua dinyatakan negatif, maka kedua pasien diperbolehkan pulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com