Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Virus Corona, ini 4 Langkah yang Perlu Dilakukan Perusahaan

Kompas.com - 14/03/2020, 16:43 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merebaknya virus corona sejak awal tahun 2020 telah memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian global.

Bahkan, setelah resmi dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona semakin menekan kondisi perekonomian di berbagai sektor.

Berbagai perusahaan mulai dari sektor manufaktur hingga pariwisata sudah mulai merasakan kerugian yang disebabkan penyebaran virus ini.

Baca juga: Bukan Terjangkit Corona, Menhub Dirawat karena Tifus

Merespon hal tersebut, hasil riset McKinsey & Company menyebutkan ada 4 langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk menghadapi fenomena wabah virus corona.

1. Lindungi karyawan

Perusahaan tidak bisa lagi menjalankan bisnis seperti biasa saat ini. Merebaknya virus corona membuat perusahaan perlu melakukan beberapa penyesuaiaan dengan fokus utama melindungi karyawan.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan khusus untuk menghadapi virus corona.

2. Bentuk tim respons virus corona

McKinsey & Company menyarankan perusahaan untuk membentuk satu tim respons menghadapi virus corona. Tim ini bisa dibentuk dengan berbagai tujuan, tergantung dengan kebutuhan perusahaan.

Adapun 4 output dari tim respons yang disarankan adalah, pengecekan kesehatan karyawan, keuangan, pasokan barang, dan pemasaran perusahaan.

3. Kaji ulang target keuangan perusahaan

Kinerja keuangan perusahaan diproyeksi akan mengalami banyak tantangan menghadapi virus corona. Oleh karenanya, perusahaan dinilai perlu mengkaji ulang target keuangan.

Pengkajian perlu dilakukan dengan memperhitungkan berbagai skenario wabah virus corona.

4. Stabilkan pasokan

Permintaan terhadap beberapa produk tengah mengalami kenaikan, akibat terhambatya pasokan global.

Oleh karenanya, perusahaan perlu memastikan apabila pasokan barang terpenuhi. Salah satu langkah yang perlu dilakukan perusahaan adalah mencari pemasok baru, yang tidak terganggu distribusinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com