Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Aktivitas di Rumah, Transaksi Penjualan Shopee Naik

Kompas.com - 16/03/2020, 17:35 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masyarakat dianjurkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah untuk menghindari penyebaran virus corona.

Masyarakat pun diimbau menghindari kerumunan dan bahkan bekerja di rumah.

Dengan adanya imbauan ini, volume transaksi dan penjualan platform e-commerce cenderung meningkat. Sebab, masyarakat mengurangi aktivitas belanja di luar rumah.

Ayidha Elfira, mahasiswi Universitas Bina Nusantara misalnya, memilih berbelanja produk kecantikan dan kesehatan seperti masker melalui salah satu marketplace.

Dia mengatakan memilih berbelanja online lebih efektif dan tidak perlu meninggalkan rumah.

"Selain biar enggak keluar rumah dan menghindari banyak orang, ada potongan harganya juga untuk produk yang aku beli kan lumayan," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Terkait hal itu, Public Relation Lead Shopee Aditya Maulana mengatakan, saat ini di tengah mewabahnya virus corona, transaksi di Shopee cenderung bertumbuh.

Namun, ia enggan merinci data peningkatan transaksi tersebut.

"Sejauh ini kunjungan dan transaksi tetap tumbuh memang tidak ada perubahan yang signifikan juga. Untuk data transaksinya kami belum bisa berikan karena biasanya dilakukan secara periodik pada setiap kuartal saja," kata Aditya. 

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona, Shopee melakukan kampanye perlindungan diri yang dapat diakses di platfrom belanja online tersebut.

"Pengguna dapat mengakses berbagai rekomendasi produk penunjang kesehatan seperti masker, vitamin, antiseptik serta informasi seputar perlindungan diri dari virus corona di aplikasi kami," jelasnya. 

Menurut Aditya, Shopee juga telah memiliki tim internal yang bertugas secara aktif melakukan pengawasan harga untuk produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer apabila ditemukan dijual dengan produk yang tinggi.

"Jika terdapat ada penjual yang menjual produk masker dan sanitizer dengan harga tinggi dari pasaran dan tidak masuk akal kami akan segera menindaklanjutinya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com