Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Langkah Gojek jika Ada Mitra Pengemudi Terpapar Covid-19

Kompas.com - 19/03/2020, 20:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Unicorn superapp Gojek menyatakan komitmennya untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di seluruh ekosistemnya.

Ini dilakukan melalui berbagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi menyatakan, Gojek menekankan tiga area penting dalam upaya mencegah penyebaran virus corona dan mengajak ratusan juta individu dalam ekosistemnya yang terdiri dari mitra driver, mitra usaha, merchant, karyawan serta masyarakat luas, untuk bersama-sama saling menjaga satu sama lain.

Baca juga: Gojek Dikabarkan Dapat Suntikan Dana Rp 18 Triliun

Menurut Kevin, tiga area penting untuk mencegah penyebaran virus yaitu pembatasan jarak sosial (Social Distancing), mempraktekkan gaya hidup sehat dan menjaga produktivitas.

Bahkan, untuk mendukung mitra driver dalam menjaga produktivitasnya, Gojek menjadi aplikasi on-demand pertama di Indonesia yang meluncurkan skema bantuan pendapatan mitra driver yang positif terkena Covid-19.

“Ekosistem Gojek terdiri dari ratusan juta individu, dan kami yakin upaya pencegahan yang dilakukan Gojek dapat memiliki dampak besar dalam memperlambat atau mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Kevin dalan keterangannya.

Gojek memberikan skema bantuan pendapatan bagi mitra pengemudi apabila ada yang terdiagnosa positif Covid-19, yakni dengan memberikan dukungan pendapatan dan menghentikan sementara cicilan yang berjalan misalnya premi asuransi, cicilan kendaraan dan lain sebagainya, hingga yang bersangkutan kembali bekerja.

Baca juga: Ini Kata Grab dan Gojek Soal Kenaikan Tarif Ojek Online di Jabodetabek

Selain itu, Gojek juga memberlakukan penonaktifan sementara akun mitra yang sedang dalam observasi tes Covid-19, hingga adanya konfirmasi tes kesehatan dari pemerintah.

Gojek juga memiliki tim yang bekerja 24 jam, 7 hari seminggu, untuk membantu menghubungkan
mitra dengan rumah sakit atau otoritas kesehatan jika memiliki isu terkait dengan Covid-19.

“Gojek berupaya untuk tetap membuat masyarakat menjalani kehidupan senormal mungkin di
tengah tantangan Covid-19, termasuk para mitra di ekosistem kami,” jelas Kevin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com