Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langsung Melaju, IHSG Menguat Hampir 7 Persen

Kompas.com - 26/03/2020, 10:34 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melesat pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Kamis (26/3/2020).

Melansir data RTI, sekitar pukul 10.15 WIB, IHSG berada pada level 4.212,12 atau naik 274,49 poin (6,97 persen) dibanging penutupan Selasa pada 3.937,63.

Sebanyak 268 saham melaju di zona hijau dan 89 saham merah. Sedangkan 102 saham lainnya stagnan.

Baca juga: Dow Jones Ditutup menguat, IHSG Hari Ini Diproyeksikan Menghijau

Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 4,04 triliun dengan volume 2,42 miliar saham.

Kenaikan IHSG ini di tengah merahnya bursa regional hari ini. Seperti indeks Hang Seng Hongkong yang turun 1,3 persen, kemudian indeks Strait Times Singapura melemah 1,7 persen, dan indeks komposit Shanghai China terkoreksi 0,4 persen. Demikian juga dengan indeks Nikkei Jepang yang jeblok 4,3 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee memperkirakan hari ini IHSG memang berpotensi menguat, seiring dengan hijaunya pasar saham Amerika Serikat dan Eropa.

“Indeks Dow Jones menguat cukup banyak, faktor utamanya adalah senat disana telah berhasil menyepakati bantuan sebesar 2 trilun dollar AS untuk masyarakat dalam hal melawan virus corona,” sebut dia.

Pada akhir perdagangan di Wall Street Rabu (25/3/2020) waktu setempat (Kamis WIB pagi)  Indeks Dow Jones Average naik 2,39 persen, kemudian indeks S&P 500 menguat 1,15 persen. Sedangkan Nasdaq terpantau merah atau turun 0,45 persen.

Di sisi lain, bursa saham Eropa juga terpantau menghijau. FTSE neik 4,45 persen dan Xetra Dax juga naik 1,7 persen.

“Di Eropa sudah 2 hari berturut-turut jumlah orang yang terinveksi virus corona menurun. Di Italia juga mengalami penurunan dimana jumlah yang sembuh lebih banyak daripada yang terkena baru,” tambahnya.

Namun Hans mengingatkan adanya potensi aksi ambil untung seperti yang mulai terjadi di Wall Street.

"Jadi ada yang bisa profit taking hari ini atau besok. Tapi hari ini, Kamis sudah bisa mulai profit taking, takutnya Dow Jones malam ini turun kan dan kita juga bisa turun,” kata Hans.

Baca juga: Akhir Perdagangan, IHSG Masih Betah di Zona Merah

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com