Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Physical Distancing, Taspen Bayar Uang Pensiunan Melalui ATM

Kompas.com - 28/03/2020, 21:12 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, PT Taspen menerapkan physical distancing alias menjaga jarak fisik dalam melakukan aktivitasnya.

Untuk itu mulai per April 2020, para penerima pensiun dapat mengambil uang pensiunnya melalui anjungan tunai mandiri (ATM).  Selain itu, kegiatan enrollment  (perekaman biometrik) juga ditiadakan untuk sementara.

Direktur Operasional Taspen, Mohamad Jufri mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan sampai dengan kondisi darurat bencana wabah dinyatakan dicabut oleh pemerintah. 

"Penerima pensiun yang sudah melakukan enrollment diimbau untuk melakukan otentikasi melalui aplikasi Taspen Otentikasi (Biometrik) di handphone," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/3/2020).

Baca juga: Program Pensiun Taspen Dialihkan, BP Jamsostek Jamin Tidak Ada Penurunan Manfaat

"Sedangkan bagi penerima pensiun yang belum melakukan enrollment pada kantor bayar, maka uang pensiun bulan April 2020 dapat diambil di ATM setelah mendapatkan otorisasi melalui video call oleh masing-masing perbankan kantor bayar penerima pensiun,"  tambah dia.

Adapun jumlah peserta pensiun Taspen per bulan April 2020 mencapai 2.726.035 orang dengan jumlah titik layanan perbankan dan Posindo sebanyak 15.637 titik.

Jufri pun meminta kantor bayar perbankan dan Posindo  untuk menetapkan protokol layanan demi mencegah penyebaran virus Covid-19 dalam mengantisipasi apabila masih ada penerima pensiun yang masih datang ke kantor bayar.

“Mengatur jarak antrean dan tempat duduk antara penerima pensiun dan penerima pensiun lainnya minimal 1,5 meter harus dilakukan oleh kantor-kantor bayar. Selain itu dipastikan setiap kantor bayar menyiapkan thermo gun, hand sanitizer, masker, dan penyemprotan disinfektan pada ruang pelayanan, mushola, serta toilet," sebutnya.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Taspen Luncurkan Layanan Lewat WhatsApp

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com