Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Merancang Anggaran untuk Bulan Madu

Kompas.com - 30/03/2020, 10:02 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA. KOMPAS.com - Bulan madu kini menjadi kegiatan wajib bagi sebagian pasangan yang baru menikah. Setiap pasangan harus merancang budget agar bulan madu impian dapat terwujud.

Umumnya, para pengantin baru ingin berbulan madu di kota atau negara impian seperti Jepang, Perancis, Italia, atau Bali.

Mereka tidak segan-segan merogoh koceknya untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama bukan madu.

Baca juga: Leasing Mulai Terima Pengajuan Kelonggaran Kredit, Ini Cara dan Syaratnya

Eko Endarto, Financial Planner menilai bulan madu adalah kegiatan konsumtif. Biaya untuk bulan madu tidak boleh menggunakan dana darurat atau menggunakan uang angpao.

Alasannya, uang angpao dari tamu undangan berfungsi sebagai bekal modal memulai hidup baru. Maklum saja, pasangan yang baru menikah membutuhkan banyak uang untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup.

"Biaya bulan madu tidak boleh berasal dari dana pinjaman," kata Agustina Fitri, Financial Planner One Shildt. Sehingga, setiap pasangan harus menyiapkan dana khusus bila ingin pergi bulan madu.

Baca juga: Akibat Lockdown, Banyak Orang India Tak Sanggup Bayar Kontrakan

Apakah Anda dapat membuat rancangan dana bulan madu ?

Apakah Anda tahu cara mengumpulkan modal untuk biaya bulan madu ?

Bila jawabannya adalah tidak, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa untuk merancang biaya serta mengumpulkan modal untuk bulan madu. Simak ulasannya berikut ini.

1. Tentukan destinasi dan buat itinerary bulan madu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan destinasi bulan madu. Misalnya, Anda ingin berbulan madu dengan pasangan di Lembongan, Bali.

Kemudian, Anda tentukan jenis transportasi yang akan digunakan untuk menuju lokasi tersebut. Setelah itu, putuskan di mana Anda akan menginap saat berbulan madu. Kemudian, Anda buat daftar kegiatan yang akan Anda lakukan bersama pasangan selama berbulan madu.

Baca juga: Soal Kemungkinan Lockdown, Ekonom Minta Pemerintah Lakukan Persiapan Matang

Jangan lupa, tuliskan juga tempat wisata dan restoran yang hendak Anda kunjungi. Tujuannya, agar Anda tidak lupa aktivitas apa saja yang akan dilakukan bersama pasangan.

2. Buat rancangan anggaran bulan madu

Langkah selanjutnya, Anda harus membuat rancangan anggaran bulan madu. Tujuannya, agar Anda mengetahui jumlah dana yang harus disiapkan.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com