Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Pemerintah Pantau Penyebaran Corona, Esri Indonesia Luncurkan Geoportal COVID-19

Kompas.com - 31/03/2020, 19:15 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat Dukungan Darurat Geospasial (ESSC) Esri Indonesia baru-baru ini meluncurkan Geoportal COVID-19 (https://essc-kawalcovid19.hub.arcgis.com/) untuk membantu pemerintah daerah mengambil tindakan pencegahan terhadap penyebaran virus di negara ini.

CEO Esri Indonesia Achmad Istamar, Geoportal COVID-19 merupakan sarana informasi kesehatan yang mengintegrasikan informasi dari instansi pemerintah terkait dan memvisualisasikannya pada dasbor pemetaan. Sehingga dapat menyajikan gambaran yang aktual kepada para pengguna mengenai wabah tersebut saat kasusnya terungkap.

Dasbor ini juga menampilkan sejumlah data penting mengenai fasilitas transportasi yang tersedia, petunjuk peringatan perjalanan dan rumah sakit rujukan utama untuk kasus COVID-19.

Seluruh data bersumber dari lembaga pemerintah seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

“Di saat seperti ini, ketersediaan data dan informasi dari pihak yang berwenang untuk seluruh otoritas lokal dan masyarakat sangat penting dalam merencanakan tindakan pencegahan demi mencegah penularan virus secara lokal,” kata Istamar dalam keterangan resmi, Senin (30/3/2020).

"Hal yang paling penting, memiliki portal satu atap untuk seluruh informasi akan menghindari penyebaran informasi yang salah dan berita palsu yang memperparah krisis kesehatan masyarakat ini," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com