Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini Rupiah Kembali Melemah terhadap Dollar AS

Kompas.com - 01/04/2020, 10:14 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (1/4/2020) kembali melemah.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.27 WIB rupiah berada pada level Rp 16.382 per dollar AS atau melemah 74 (0,45 persen) dibandingkan penutupan Selasa pada level Rp 16.310 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan rupiah hari ini akan melemah terdorong pelemahan indeks saham AS pada penutupan perdagangan kemarin.

Baca juga: Rupiah Ditutup Menguat Tipis, Ini Penyebabnya

Selain itu indeks saham Asia yang turun pagi ini juga akan mendorong sentiment negatif pada asset berisiko, termasuk rupiah.

“Harga aset berisiko masih mendapatkan tekanan dari peningkatan penyebaran virus corona di dunia. Ini akan memberikan sentimen negatif ke rupiah hari,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Menurut dia, turunnya indeks saham AS pada penutupan perdagangan di Wall Street kemarin akibat kenaikan signifikan 14 persen positif corona di New York dalam satu hari.

Namun demikian, pengumuman Presiden Jokowi mengenai pembatasan sosial skala besar (PSBB) dan stimulus bagi masyarakat lapisan bawah untuk mengurangi dampak negatif penurunan ekonomi akibat corona, bisa menjadi sentiment positif.

“Seharusnya (kabar ini) bisa sedikit memberikan sentimen positif ke pasar keuangan,” jelasnya.

Ariston memproyeksikan pergerakan IHSG hari ini akan berada pada kisaran Rp 16.250 per dollar AS sampai dengan Rp 16.400 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com