Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 1,1 Juta Pekerja Industri Otomotif Eropa Dirumahkan, Imbas Covid-19

Kompas.com - 03/04/2020, 13:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Sebanyak lebih dari 1,1 juta pekerja industri otomotif di Eropa terpaksa harus dirumahkan sementara.

Menyebarnya virus corona di penjuru kawasan tersebut memaksa perusahaan-perusahaan otomotif menutup pabrik. Akhirnya, produksi mobil di benua tersebut harus terhenti.

Dikutip dari CNN, Jumat (3/4/2020), Asosiasi Manufaktur Otomotif Eropa menyatakan, penutupan pabrik sejauh ini berdampak langsung pada setidaknya 40 persen dari total pekerja industri otomotif di kawasan Eropa.

Baca juga: Akibat Corona, Pendapatan Perusahaan AS dan Eropa di China Diprediksi Anjlok hingga 50 Persen

Asosiasi tersebut mengungkapkan, penghentian aktivitas di pabrik membuat produksi mobil di kawasan Eropa terpangkas 1,2 juta unit.

"Saat ini, fokus utama adalah mengelola krisis yang langsung dihadapi industri otomotif, yang menyebabkan penghentian (produksi), sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Eric-Mark Huitema, direktur jenderal asosiasi tersebut.

Pabrikan mobil seperti Volkswagen, BMW, Daimler, Honda, Fiat Chrysler, dan Peugeot telah menutup pabrik-pabrik di Italia, Perancis, Jerman, dan Inggris. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona lebih lanjut.

Dalam dua tahun terakhir pun industri otomotif mengalami penjualan. Kini, industri tersebut juga terpukul krisis terbesar sejak krisis keuangan global tahun 2008, menurut perusahaan analisis GlobalData.

Baca juga: Erick Thohir Mau Pesan Bahan Baku Masker dari Eropa

"Rantai pasok terdampak dan tenaga kerja juga terdampak. (Kondisi) ini menantang untuk memproduksi kendaraan dan komponennya tanpa membahayakan tenaga kerja," ujar Calum McRae, analis di GlobalData.

Asosiasi industri Eropa menyatakan, hampir 14 juta pekerjaan di Eropa bergantung pada sektor otomotif.

Sebanyak 83 persen pemasok industri otomotif Eropa pun mengkhawatirkan gangguan rantai pasok akibat virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com