Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Serikat Kabulkan Permintaan Google Manfaatkan Kabel Laut AS-Asia

Kompas.com - 09/04/2020, 08:09 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Komunikasi Federal (FCC) pada hari Rabu menyetujui permintaan Google menggunakan kabel telekomunikasi bawah laut AS-Asia, setelah perusahaan tersebut mengingatkan akan menanggung harga yang jauh lebih tinggi jika menggunakan cara lain untuk keperluan lalu lintas data.

Mengutip Reuters via Kontan.co.id, Kamis (9/4/2020), Google setuju untuk mengoperasikan sebagian Sistem Jaringan Kabel Ringan Pasifik sepanjang 8.000 mil antara Amerika Serikat dan Taiwan, tetapi tidak di Hong Kong.

Sebelumnya, Google dan Facebook Inc telah membayar untuk pembangunan jaringan telekomunikasi yang sekarang selesai. Tetapi regulator AS telah memblokir penggunaannya.

Baca juga: Jadi CEO di Induk Google, Ini Gaji yang Didapat Sundar Pichai

Departemen Kehakiman kemudian memberi tahu FCC dalam petisi bahwa mereka mendukung permintaan Google yang direvisi.

Agensi mengatakan agen AS percaya ada risiko yang signifikan jika koneksi tersebut dihubungkan ke Hong Kong.

Hong Kong adalah wilayah administrasi khusus China, yang hubungannya dengan Amerika Serikat memburuk karena pandemi virus corona, perselisihan perdagangan, dan masalah keamanan.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengucapkan terima kasih kepada FCC karena menyetujui permintaannya.

Google menambahkan, "Tim jaringan dan operasi global yang berdedikasi terus meningkatkan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan pengguna kami, dan itu termasuk sistem kabel bawah laut kami."

FCC memungkinkan Google untuk mengoperasikan segmen untuk enam bulan ke depan, sambil menunggu provisi akhir dari aplikasi lisensi.

Google mengatakan kepada regulator awal tahun ini bahwa mereka memiliki kebutuhan mendesak untuk memenuhi permintaan internal untuk kapasitas antara AS dan Taiwan, khususnya untuk menghubungkan pusat data Google Taiwan ke pusat data Google di Amerika Serikat dan untuk melayani pengguna di seluruh wilayah Asia-Pasifik.

Ia menambahkan, tanpa kapasitas, investasi modal baru-baru ini yang dilakukan Google di Amerika Serikat berkurang secara signifikan.

Departemen Kehakiman mengatakan tanpa otoritas sementara, "Google kemungkinan harus mencari kapasitas alternatif dengan harga yang jauh lebih tinggi."

Departemen Kehakiman menambahkan, Google juga telah sepakat untuk mengejar diversifikasi titik interkoneksi di Asia, serta membangun fasilitas jaringan yang memberikan lalu lintas sedekat mungkin ke tujuan akhirnya.

Amerika Serikat menyatakan keprihatinannya tentang peran China dalam menangani lalu lintas jaringan dan potensi spionase. Sekitar 300 kabel bawah laut membentuk tulang punggung internet dengan mengangkut 99 persen lalu lintas data dunia.

Sementara itu, Facebook meminta persetujuan FCC untuk menggunakan sebagian kabel yang menghubungkan Filipina dengan Amerika Serikat untuk menangani lalu lintas.

Facebook mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya menavigasi melalui semua saluran yang sesuai pada perizinan dan perizinan.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Amerika Serikat kabulkan permintaan Google untuk gunakan kabel bawah laut AS-Asia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com