Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Corona, 72.000 Hand Sanitizer Ludes Terjual dalam 42 Menit

Kompas.com - 09/04/2020, 14:49 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mewabahnya virus Corona (Covid-19) membuat masyarakat berlomba-lomba untuk membeli produk kesehatan mulai dari masker, hand sanitizer hingga vitamin.

VP of Corporate Communication Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, selama Maret 2020, transaksi penjualan untuk produk masker di Tokopedia melonjak naik sebanyak 197 kali dibandingkan bulan-bulan biasanya.

"Hand sanitizer, vitamin dan masker adalah produk yang banyak dicari dan untuk masker meningkat sebanyak 197 kali dibandingkan bulan sebelumnya," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Ini 10 Anak Muda Terkaya di Dunia, Usia Belum Genap 30 Tahun

"Begitupun dengan produk hand sanitizer pernah dalam satu waktu di mana dalam 42 menit 72.000 produk hand sanitizer terjual habis," sambungnya.

 

Nuraini mengatakan, pembeli hand sanitizer yang paling jauh berasal dari Merauke, Papua.

Selama pandemi virus corona, Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar ketentuan.

Baca juga: Sempat Memecat, Maskapai Ini Rekrut Kembali 16.500 Karyawan

Ketentuan tersebut yakni mengenai produk, harga hingga deskripsi yang tidak wajar di kategori kesehatan maupun ketegori lainnya.

Tokopedia mengajak masyarakat ikut melaporkan toko online yang melanggar baik dari syarat dan ketentuan platform maupun hukum berlaku melalui fitur 'Laporkan' yang berada di pojok kanan atas setiap halaman produk.

"Kami juga akan terus melakukan sweeping berkala untuk memastikan produk yang dijual dalam platform Tokopedia sesuai dengan peraturan," pungkasnya.

Baca juga: Ini 15 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com