Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dipandang Perlu Rilis Daftar Penerima Subsidi Harga Gas Industri

Kompas.com - 09/04/2020, 14:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan Menteri ESDM Arifin Tasrif untuk tetap menjalankan kebijakan harga gas industri 6 dollar AS per MMBTU di plant gate masih menuai banyak kontroversi.

Apalagi kebijakan yang mulai berlaku 1 April 2020 ini dilakukan di saat perekonomian Indonesia sulit akibat pandemi virus Corona atau Covid-19.

Kholid Syeirazi, pengamat energi Center For Energy Policy menilai penetapan harga gas industri tertentu itu membuat penerimaan negara sudah pasti akan tergerus.

Baca juga: Harga Gas Industri Diturunkan, Bagaimana Prospek Infrastruktur Gas?

Sebab, seperti disampaikan oleh menteri ESDM usai rapat terbatas dengan presiden pada 18 Maret lalu, insentif harga gas industri tertentu itu akan diambil dari hak pemerintah di hulu migas.

Dengan situasi ekonomi yang tidak pasti, dan kemungkinan pertumbuhan ekonomi bisa di bawah nol persen, sumber pendapatan pemerintah tentu akan semakin terbatas.

Kholid bilang apabila kemudian pendapatan pemerintah dari hulu migas juga dipakai untuk memberikan subsidi kepada sektor industri tertentu, maka kantong pemerintah juga akan makin menipis.

"Padahal industri tertentu penerima subsidi harga gas itu belum jelas kontribusi ekonominya, baik dari sisi pajak maupun dari pembukaan lapangan kerja. Seharusnya pemerintah melakukan evaluasi ulang pelaksanaan harga gas subsidi untuk industri tertentu ini," kata Kholid dikutip dari Kontan.co.id, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Pemerintah Diminta Berhati-hati Turunkan Harga Gas

Kholid juga meminta pemerintah untuk transparan terkait industri penerima subsidi harga gas sesuai Perpres Nomor 40 tahun 2016.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai pihak yang terkait langsung dengan penetapan industri tertentu penerima subsidi, harus secara terbuka mengumumkannya ke publik.

"Perusahaan mana saja yang mendapatkan subsidi negara harus dirilis. Jangan sampai subsidi diberikan kepada perusahaan yang tidak jelas rekam jejaknya. Setiap uang negara yang dikeluarkan pemerintah harus jelas pertanggungjawabannya," kata Kholid menambahkan. (Handoyo)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pengamat: Pemerintah perlu merilis penerima subsidi harga gas industri tertentu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com