Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Covid-19, Ini Program Lebaran yang Dibatalkan Dirjen Perkeretaapian

Kompas.com - 12/04/2020, 16:17 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  tahun ini ada beberapa program Kementerian Perhubungan di sektor kereta api yang dibatalkan akibat pandemi corona (Covid-19).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Kemenhub Zulma Efendi mengatakan, program pertama pertama yang tidak ada adalah pengangkutan motor gratis. Biasanya program ini rutin dilakukan ketika Lebaran.

Tahun lalu Kementerian Perhubungan telah menyediakan jasa angkut motor gratis dengan menggunakan kereta api sebanyak 18.096 unit untuk di Pulau Jawa. Namun dikarenakan pandemi Covid-19 alhasil program ini dibatalkan.

Baca juga: Kemenhub Akhirnya Izinkan Ojol Angkut Penumpang, Ini Syaratnya

"Program kedua adalah untuk penambahan kereta api mudik yang juga akan dibatalkan," ujarnya dalam video conference terkait penerapan PM 18 tahun 2020, Minggu (12/10/2020).

Selain itu menurut Zulma, jadwal operasional khusus untuk rute Jabodetabek kini dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sementara untuk kereta jarak jauh akan disesuaikan dengan grafik perjalanan.

"Untuk kereta jarak jauh masih kita sesuaikan karena pemberangkatan kereta api itu ada yang malam dan ada yang sore dan siang juga," katanya.

Sementara itu untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19, dirinya telah mengimbau para operator untuk melakukan prosedur himbauan kesehatan yang sesuai dengan protokol dari Kemenkes mulai dari keberangkatan, selama perjalanan hingga di tempat tujuan.

Baca juga: Luhut Terbitkan Pengendalian Transportasi Kala Covid-19, Apa Isinya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com