Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Gojek Akuisisi Moka Makin Nyata

Kompas.com - 17/04/2020, 12:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tahun 2019 berhembus kabar bahwa PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek mengakuisisi Moka Technology Solutions Pte Ltd.

Moka adalah perusahaan rintisan teknologi finansial (fintech) yang menyediakan layanan mobile point of sales (MPOS) atau kasir online.

Kini kabar itu menjadi kenyataan. Manajemen decacorn super app Indonesia tersebut sudah mengirimkan pemberitahuan aksi korporasi tersebut ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Baca juga: Gojek Dikabarkan Bakal Caplok Startup Moka

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nonor 57 tahun 2010 tentang Merger dan Akuisisi, setiap penggabungan badan usaha, peleburan badan usaha atau pengambilalihan saham perusahaan lain yang berakibat nilai aset atau nilai penjualannya melebihi jumlah tertentu wajib diberitahukan secara tertulis ke KPPU paling lama 30 hari kerja sejak tanggal efektif aksi korporasi tersebut.

Situs KPPU mencatat manajemen Gojek menyampaikan pemberitahuan tersebut pada 9 April 2020. Pemberitahuan terregristrasi pada nomor A1 60 20.

Artinya, kepastian akuisisi itu sudah terjadi pada Maret lalu.

Belum ada penjelasan resmi dari kedua pihak atas akuisisi ini. Menurut pemberitaan Bloomberg pada Desember 2019, akuisisi itu bernilai 120 juta dollar AS.

Baca juga: Kolaborasi dengan Moka, Go-Pay Permudah UMKM Transaksi Nontunai

Akuisisi Gojek terhadap Moka akan meningkatkan bisnis di bidang pembayaran digital. Gojek sudah punya bisnis pembayaran, yakni Gopay.

Tahun lalu, GoPay dan Moka sudah berkolaborasi dalam alat pembayaran. (Adi Wikanto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kabar burung terkait ekspansi Gojek menjadi kenyataan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com