Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-commerce Diperkirakan Bakal Panen Saat Ramadhan

Kompas.com - 17/04/2020, 20:31 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lembaga penelitian Criteo memproyeksikan kenaikan penjualan pada platform digital terutama e-commerce saat memasuki bulan Ramadhan.

Criteo mencatat kenaikan pada pembelanjaan online e-commerce tidak hanya terjadi di Indonesia saja namun juga diseluruh belahan negara lainnya karena wabah Covid-19 sejak awal tahun.

Criteo menyebut, terjadi pergeseran perilaku pembeli yang menerapkan imbauan social distancing jadicenderung memilih pembelian secara online. Apalagi menjelang bulan Ramadhan yang akan dimulai dari 23 April hingga 23 Mei, lonjakan pembelian e-commerce diperkirakan akan meningkat lebih tinggi.

Baca juga: Riset: Mayoritas Pekerja Tak Paham Omnibus Law Cipta Kerja

Hal ini dinilai karena umat muslim akan mencari kebutuhan secara online untuk mempersiapkan perayaan di tengah-tengah pembatasan sosial yang akan berlaku hingga waktu yang belum ditentukan, dengan adanya kemungkinan untuk diperpanjang sampai setelah Ramadan.

Director of Account Strategy Criteo for Large Customers, SEA, Hong Kong and Taiwan, Pauline Lemaire mengatakan, traffic web harian melonjak lebih dari 50 persen secara global, karena konsumen Asia Pasifik berpindah ke platform online, baik saat bekerja dari rumah atau menghabiskan waktu luang.

“Penjualan online ini akan tetap berlanjut, terutama selama bulan Ramadan di mana lebih banyak orang yang beralih ke belanja online dalam rangka persiapan memasuki momen keagamaan ini,” kata Pauline melalui siaran media, Jumat (17/4/2020).

Baca juga: Ini Alasan Luhut Tidak Hentikan Operasional KRL

Melihat tren di sekitar Ramadan selama beberapa tahun sebelumnya di Asia Tenggara yang meliputi Indonesia dan Malaysia, peningkatan penjualan mencapai puncaknya pada minggu ketiga untuk 2018 dan 2019.

Tahun lalu, Malaysia dan Indonesia khususnya, terjadi transaksi yang lebih besar dengan kenaikan 106 persen, dibandingkan dengan peningkatan tahun 2018 sebesar 90 persen.

Khusus untuk Indonesia, traffic harian yang dicatat dalam indeks dan penjualan untuk ritel online mengalami peningkatan sebesar 115 persen pada 2019 dibandingkan dengan 2018, yang mencatat peningkatan sebesar 44 persen.

Baca juga: Asosiasi Alkes Jelaskan Soal Mafia Impor yang Disinggung Erick Thohir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com