Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKPM Akan Revisi Target Investasi RI Akibat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 23/04/2020, 16:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pihaknya berencana merevisi target investasi Indonesia tahun ini.

 

Hal tersebut disebabkan adanya pandemi virus corona (Covid-19) sehingga dinilai bisa berdampak kepada investasi di Indonesia.

"Kami sampai sekarang sedang berdiskusi untuk membuat beberapa opsi dalam menurunkan target investasi," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR Komisi VI melalui virtual, Kamis (23/4/2020).

Baca juga: Ditanya Netizen Alasan Tak Dipilih Lagi Jadi Menteri, Ini Jawaban Susi Pudjiastuti

Bahlil mengatakan, target awal investasi 2020 yakni sebesar Rp 886 triliun. Jika sampai Mei 2020 pandemi Covid-19 belum selesai, BKPM akan merevisi target investasi menjadi Rp 850 triliun.

Target itu bisa kian turun tergantung seberapa lama pandemi berlangsung. Jika sampai Juli 2020 pandemi belum selesai, BKPM akan kembali merevisi terget investasi menjadi hanya Rp 817 ttiliun.

"Mudah-mudahan Covid-19 ini berakhir secepatnya dan kalau ditanya apakah kami optimis apabila di bulan Juli Covid-19 selesai dan target investasi tetap berada di angka Rp 800 triliunan? kami optimis asal ditunjang oleh pimpinan dan fasilitas memadai," kata Bahlil.

Baca juga: Refund Tiket KAI Bisa di Seluruh Stasiun Kereta Jarak Jauh dan Lokal

Namun lanjut dia, Bahlil tak menjamin target akan tercapai bila anggaran BKPM dipangkas Menteri Keuangan Sri Mulyani dari Rp 585 miliar menjadi Rp 394 miliar.

"Kalau dilakukan pemangkasan anggaran, saya tidak bisa menjamin karena bayar gaji aja sudah susah," kata dia.

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Begini Cara Refund 100 Persen Tiket KAI via Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com