Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Banyak Para Pejuang Medis Saat Ini Takut untuk Pulang..."

Kompas.com - 25/04/2020, 05:14 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dompet digital Dana bersama dengan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia mengajak masyarakat dalam gerakan program #TempatSinggahPejuangMedis untuk berdonasi dalam menyediakan tempat penginapan khusus bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan Covid-19.

CEO dan founder DANA Vincent Iswara mengatakan, pihaknya dalam kolaborasi ini sebagai platform berbasis digital telah menyediakan mini program Siap Siaga Covid-19 yang hadir di fitur aplikasi Dana.

Hal tersebut dilakukan untuk menggerakkan masyarakat khususnya pengguna Dana untuk bersatu membantu para pejuang medis.

“Kami optimistis mengatasi tantangan yang muncul akibat dampak Covid-19 apabila semua komponen bangsa bersatu dan bersinergi menyumbangkan kapasitas dan kepakarannya masing-masing. Melalui mini program Siap Siaga Covid-19 di dalam aplikasi DANA, kami menggunakan teknologi terdepannya yang didedikasikan untuk kepentingan Indonesia dalam melawan Covid-19," ujarnya dalam pressconference virtual Dana, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Pandemi Covid-19, Perusahaan Ini Bagikan Moisturizing Hand Spray untuk Tenaga Medis

Adapun untuk berdonasi, pengguna harus membuka aplikasi dompet digital Dana. Lalu pada aplikasi akan muncul halaman muka aplikasi, pada bagian pojok kanan atas aplikasi ada menu Discovery lalu klik dan pilih menu "Bantu Sesama Lawan Corona". Setelah itu pilih donasi "Tempat Singgah Pejuang Medis Melawan Covid-19".

Sementara itu Direktur Nasional Direktur Nasional Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia, Susanto mengatakan, saat ini perlu tempat singgah untuk tenaga medis beristirahat. Apalagi tenaga medis memiliki tingkat kerentanan sangat tinggi untuk terpapar Covid-19.

"Banyak para pejuang medis saat ini takut untuk pulang karena takut membawa wabah bahkan ada sebagian juga yang ditolak oleh masyarakat oleh sebab itu dengan memberikan dukungan kepada mereka para tenaga medis bisa beristirahat dengan baik," katanya.

Selain itu para medis juga wajib untuk selalu siap siaga. Hal inilah yang membuat para tenaga medis harus memilih mereka untuk tinggal dekat dengan rumah sakit. Dari sini jugalah salah satu urgensi yang dilihat Susanto bahwa tenaga medis benar-benar harus didukung dan diberikan tempat yang layak.

"Oleh sebab itulah kami melihat dan ingin memberikan dukungan terbaik kepada tenaga medis agar mereka terus mampu memberikan dedikasi optimal, salah satunya dengan membantu menghadirkan solusi berupa penyediaan tempat beristirahat yang memenuhi standar kepada mereka melalui gerakan #TempatSinggahPejuangMedis," sebutnya.

Baca juga: Tenaga Medis yang Tangani Pasien Corona Akan Diberikan Voucher Gojek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com