Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Banten antara Keluarga Widjaja, Sandiaga Uno, dan Wahidin Halim

Kompas.com - 25/04/2020, 17:12 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Rabu (22/4/2020), terjadi antrean panjang di beberapa ATM Bank Banten. Masyarakat rupanya melakukan pengambilan uang alias rush di bank yang sebelumnya bernama Bank Pundi itu.

Rush terjadi setelah Gubernur Banten Wahidin Halim memindahkan dana kas daerah di Bank Banten ke Bank BJB. Rupanya masyarakat khawatir Bank Banten tak lagi memiliki uang tunai.

Wahidin bilang, pemindahan dana kas daerah itu setelah Bank Banten terlambat menyalurkan dana bagi hasil (DBH) pajak dan dana jaring pengaman sosial seharusnya selesai disalurkan pada 17 April 2020 lalu.

Pada Februari 2020, ada lebih dari Rp 181 miliar DBH pajak dan Rp 709,21 miliar dana jaring pengaman yang telat disalurkan.

Baca juga: OJK Setujui Merger Bank Banten dan Bank BJB

Kemudian, dalam Rapat Pembahasan Likuiditas Bank Banten pada 21 April 2020 bersama perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, disepakati oleh Bank Banten tidak likuid dan mengalami stop kliring.

"Sehingga, dibutuhkan aksi pemindahan dana kas daerah," ujar Wahidin dalam keterangan resmi, Kamis (23/4/2020).

Meski sudah beberapa kali berpindah tangan, keuangan Bank Banten rupanya masih belum banyak berubah.

Mari kita kembali ke tahun 2009, saat Bank Banten masih bernama Bank Eksekutif. Itu sebabnya kode saham bank ini adalah BEKS. Pemiliknya adalah keluarga Widjaja.

Rinciannya Lunardi Widjaja 53,15 persen, Lusiana Widjaja 10,29 persen, Irawati Widjaja 4,99 persen, Sinthyawati Widjaja 4,99 persen, Setiawan Widjaja 4,82 persen, dan publik 21,76 persen.

Menjelang akhir tahun 2009, kondisi bank ini memburuk. Pada November 2009, Bank Indonesia (BI) yang saat itu masih menjadi pengawas perbankan mengultimatum manajemen agar menambah modal sehingga rasio kecukupan modal (CAR) bisa meningkat menjadi 8 persen.

Baca juga: Bank Banten Dianggap Gagal Bayar, Gubernur Pindahkan Kas Daerah ke BJB

Sepekan kemudian, manajemen Bank Eksekutif menambah modal sehingga CAR bisa di atas 10 persen. Namun, bank tersebut masih dibelit tingginya rasio kredit bermasalah (NPL).

BI akhirnya memberi ultimatum kepada Bank Eksekutif untuk memperbaiki kondisinya hingga 31 Maret 2010.

Namun, pada 19 Februari 2010, BI meminta keluarga Widjaja untuk mencari investor baru. Rupanya pemegang saham lama tidak punya dana atau give up. Maka, masuklah Recapital Group milik Rosan P Roeslani dan Sandiaga Uno sekitar Juni 2010.

Recapital ingin mengulang kesuksesan ketika menguasai Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Nama Bank Eksekutif dikubur dan menjadi Bank Pundi, lalu peresmian besar-besaran pada September 2010 di kawasan Monas, Jakarta. Saat itu kawasan Monas dipenuhi pedagang kecil, seperti tukang sayur dan sembako, sebagai simbol berubahnya bisnis bank.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com