Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Lanjutkan Penguatan?

Kompas.com - 27/04/2020, 10:08 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comRupiah awal pekan ini diproyeksi menguat dengan dorongan berbagai sentimen positip dari eksternal.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpeluang menguat seiring sentimen positif dari harga minyak yang mulai stabil dan rencana pembukaan lockdown di AS dan Eropa.

“Rupiah bisa menguat hari ini mengikuti momentum penguatan yang didapat di akhir pekan lalu, karena harga minyak mentah yang mulai stabil dan lockdown di beberapa negara pandemi akan yang akan segera dibuka,” sebut Ariston Senin (2/4/2020).

Baca juga: IHSG Akhir Pekan Turun 2,12 Persen, Rupiah Berhasil Bangkit

Selain itu isu Bank Sentral Jepang (BOJ) yang mempertimbangkan stimulus pembelian obligasi tanpa batas akan menjadi sentimen yang mendorong pergerakan positif rupiah hari ini. BOJ akan mengumumkan hasil rapat moneternya Selasa besok.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 15.300 per dollar AS sampai dengan Rp 15.500 per dollar AS.

Sementara di pasar spot, mengutip data Bloomberg pukul 09.15 WIB nilai tukar rupiah terhadap dollar AS  berada di level Rp 15.469 per dollar AS atau melemah 69 poin (0,45 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 15.400 per dollar AS.

Adapun kurs referensi Jisdor, rupiah hari ini dipatok pada posisi Rp 15.591 per dollar AS, melemah 0,24 persen dibandingkan sebelumnya.

Baca juga: Melemah, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com