Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Mentah Kembali Melorot

Kompas.com - 28/04/2020, 08:44 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia kembali melorot pada akhir perdagangan Senin (27/4/2020) waktu setempat. Minyak jenis brent pun berakhir di bawah level 20 dollar AS per barrel.

Para investor yang gelisah keluar dari pasar AS seiring dengan kurangnya tempat penyimpanan yang tersedia menyusul robohnya permintaan akibat virus corona.

Permintaan bahan bakar menukik 30 persen secara global, dan tempat penyimpanan menjadi berharga, dengan sekitar 85 persen dari tempat-tempat penyimpanan darat di seluruh dunia penuh pada minggu lalu, menurut data Kpler.

Kekhawatiran ekonomi terus mengganggu pasar. Output ekonomi global diperkirakan mengalami kontraksi sebesar dua persen tahun ini--lebih buruk dari krisis keuangan, sementara permintaan telah jatuh 30 persen akibat pandemi virus corona.

Baca juga: Redam Dampak Corona dan Anjloknya Harga Minyak, Bank Sentral Rusia Pangkas Suku Bunga

Minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI), untuk pengiriman Juni turun 4,16 dollar AS atau 24,56 persen, ditutup pada 12,78 dollar AS per barrel.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni turun 1,45 dollar AS atau 6,76 persen, menjadi ditutup pada 19,99 dollar AS per barrel.

Pedagang juga mengatakan, kontrak minyak mentah turun sebagian karena kendaraan investasi ritel seperti dana yang diperdagangkan di bursa mengalihkan investasi mereka dari kontrak Juni depan untuk menghindari terjebak seperti yang dilakukan seminggu yang lalu, ketika kontrak minyak turun menjadi minus 37,63 dolar AS per barrel.

Minyak berjangka mengakhiri kerugian minggu ketiga berturut-turut minggu lalu, dengan penurunan 24 persen untuk Brent dan penurunan tujuh persen untuk WTI. Pasar telah jatuh selama delapan dari sembilan minggu terakhir.

Setelah kerugian pekan lalu, United States Oil Fund LP/USO.P menyatakan akan mengalihkan kepemilikannya ke dalam kontrak yang lebih baru, menjual semua kepemilikannya di kontrak Juni.

Pemegang produk bursa minyak terbesar itu terpukul keras pekan lalu setelah kontrak Mei jatuh ke wilayah negatif sesaat sebelum berakhir. USO pada saat itu tidak memiliki kontrak Mei.

Pada Jumat (24/4/2020), USO memegang hampir 14.000 kontrak NYMEX Juni, sekitar empat persen dari kontrak Juni. Dalam beberapa hari terakhir, USO telah menjual bagian yang cukup besar dari posisi Juni; dalam pengumuman Senin (27/4/2020). USO juga akan menjual sisa kepemilikan Juni pada Kamis (30/4/2020).

"Pengarsipan USO merusak kepercayaan di pasar minyak untuk Juni, dan telah menurunkan harga hari ini," kata Cailin Birch, ekonom global di The Economist Intelligence Unit, dikutip dari Reuters.

“Namun, itu tidak mengubah prospek ekonomi untuk Juni, yang selalu akan sulit," tambah dia.

Sementara Bank Industri dan Komersial China (ICBC) mengatakan, mulai Selasa ini akan menangguhkan semua posisi terbuka untuk produk investor ritel yang terkait dengan komoditas berjangka, termasuk minyak mentah, gas alam, tembaga, dan kedelai.

"Stok minyak mentah di pusat pengiriman Cushing, Oklahoma, untuk WTI naik lebih dari enam persen dalam seminggu hingga 24 April menjadi sekitar 65 juta barrel," kata para pelaku pasar, mengutip laporan pada Senin (27/4/2020) dari Genscape.

Namun, persediaan hanya meningkat 0,5 persen dari Selasa (21/4/2020) hingga Jumat (24/4/2020).

"Penggunaan di Cushing sedikit melambat, yang menandakan mereka menemukan tempat alternatif untuk menyimpan minyak atau penurunan besar dalam produksi," kata Phil Flynn, analis pasar senior di Price Futures Group.

Baca juga: Sempat Negatif, Harga Minyak Dunia Berhasil Bangkit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com