Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Insentif Cair 5 Hari Setelah Selesai Pelatihan Kartu Prakerja

Kompas.com - 29/04/2020, 14:09 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan Kartu Prakerja untuk gelombang pertama belum menerima uang insentif sebesar Rp 2,55 juta.

Menurut Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, waktu pencairan insentif paska pelatihan setidaknya membutuhkan waktu hingga lima hari setelah pelatihan usai.

"Kloter pertama masih belum selesai satu siklus, mereka sudah menyelesaikan training tapi belum menerima benefit, biasanya lima hari," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam konferensi video, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Cara Membuka Rekening BNI Penerima Kartu Prakerja

Denni mengatakan, untuk peserta yang telah menyelesaikan pelatihan, yang insentif sebesar Rp 600.000 paling lambat akan dicairkan ke rekning peserta pada Jumat (1/5/2020).

Setelahnya, peserta akan menerima bantuan dengan besaran yang sama dalam tiga bulan berikutnya secara berturut-turut serta insentif pasca pelatihan dengan nominal total Rp 150.000.

"Jumat nanti yang akan mendapat insentif pasca pelatihan sebesar Rp600 ribu. Mereka akan kita e-mail untuk evaluasi efektifitas Kartu Prakerja sebagai feedback pengguna dan juga feedback pengguna terhadap lembaga pelatihan," jelas dia.

Secara lebih rinci, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Baca juga: Gelombang II, 288.154 Orang Lolos Jadi Peserta Kartu Prakerja

Rinciannya, Rp 1 juta digunakan untuk pelatihan dan tidak bisa dicairkan, kemudian insentif senilai Rp 2,55 juta.

Insentif tersebut merupakan insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 600.000 yang akan dikirim setiap bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei sehingga total Rp 150.000 per peserta.

Pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 596,8 miliar untuk 168.111 peserta yang telah diterima di gelombang I.

Secara total, pemerintah menyediakan Rp 20 triliun yang diperuntukan bagi 5,6 juta peserta Kartu Prakerja untuk tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com