Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Usaha Terimbas Covid-19, Aplikasi Digital Ini Pastikan Keamanan Transaksi Online

Kompas.com - 02/05/2020, 17:30 WIB
Kurniasih Budi

Editor

KOMPAS.com - Pemerintah mencatat sekitar 37.000 pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Indonesia terdampak pandemi Covid-19.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyatakan data tersebut bisa saja bertambah.

"Data yang masuk ini secara umum ya 87 persen yang terdampak merupakan usaha level mikro, dikaitkan dengan skema program yang didesain 54,2 persen belum miliki tabungan usaha," kata Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari, Kamis (16/4/2020).

Sebagian pelaku UMKM yang terdampak mencoba beradaptasi dengan melakukan transaksi digital.

Baca juga: Peluang Usaha di Tengah Pandemi, Penjualan Sayuran Online Melonjak

Namun demikian, para calon pembeli barang maupun jasa tentu membutuhkan kepastian bahwa orang yang berkomunikasi dengan mereka adalah orang yang sebenarnya.

Kepastian itu diperlukan untuk menghindari penipuan dan meningkatkan rasa aman dan nyaman pada proses berinteraksi untuk terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Berangkat dari situ, PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) mendukung para pelaku bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Perusahaan digital itu mendukung transaksi online yang aman selama physical distancing dan work from home lewat aplikasi Saya ASLI.

Aplikasi Saya ASLI berfungsi untuk memastikan penjual barang atau jasa online adalah benarDok. ASLI RI Aplikasi Saya ASLI berfungsi untuk memastikan penjual barang atau jasa online adalah benar
Aplikasi tersebut merupakan sebuah mobile apps yang dirancang dengan menggunakan teknologi face recognition dan liveness detection sebagai alat verifikasi seseorang, melalui pengambilan foto selfie dan kartu identitas.

“Aplikasi ini untuk membantu masyarakat merasa lebih aman dalam berinteraksi secara online, baik aktivitas sosial maupun bisnis,” kata Komisaris ASLI RI, Robert Rompas, dalam pernyataan tertulis, Sabtu (2/5/2020).

Aplikasi gratis

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut mudah digunakan dan masyarakat dapat memanfaatkannya secara gratis.

Bila calon pembeli ragu terhadap penjual, imbuh dia, calon pembeli dapat langsung mengirimkan link www.sayaas.li kepada penjual tersebut untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu.

“Link tersebut dapat dikirimkan lewat pesan teks seperti SMS, WhatsApp, WeChat, atau Telegram,” ujarnya.

Penjual pun dapat langsung melakukan verifikasi dari link yang diterima dan membagikan hasil verifikasi kepada pembeli melalui pesan teks.

Lantas, pembeli akan menerima hasil verifikasi dalam bentuk foto selfie, tanggal, waktu dan jenis kartu identitas yang digunakan penjual saat melakukan verifikasi.

“Mari kita ciptakan budaya transaksi yang lebih aman untuk membantu ekonomi Indonesia tetap bergerak pada masa pandemi Covid-19,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com