Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2020, 12:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rekayasa Industri (Rekind), yang merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) menggandeng mitra-mitra binaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam melaksanakan kegiatan CSR di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan CSR itu meliputi pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis, penyediaan portable hand wash, dan pembagian masker bagi masyarakat di sejumlah wilayah.

Kelengkapan bantuan ini diproduksi langsung oleh sejumlah UMKM yang menjadi mitra binaan Rekind. Upaya ini juga merupakan bentuk kepedulian perseroan terhadap nasib mitra binaan mereka yang mayoritas pelaku UMKM, yang kini usahanya terdampak Covid-19.

Baca juga: Pan Brothers Produksi APD Medis Level Tiga

"Selain memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan membantu masyarakat, inisiasi program ini diharapkan mampu meringankan beban yang dihadapi mitra binaan Rekind. Semoga semangat usahanya terus bangkit dan mampu menjadi pahlawan ekonomi dari sektor UMKM," kata Direktur Utama Rekind Yanuar Budinorman dalam keterangan tertulis, Minggu (3/5/2020).

Yanuar memberi contoh, perseroan menggandeng pengusaha konveksi untuk bisa mewujudkan kelangkaan pakaian APD yang saat ini begitu sulit diperoleh.

Melalui kerja sama, bimbingan dan dukungan, mitra binaan Rekind mampu membuat pakaian APD berkualitas, sesuai dengan standar WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes)/

"Berkat dukungan yang diberikan Rekind, kami kebanjiran order, baik itu dari kalangan rumah sakit, partai hingga sejumlah perusahaan BUMN. Semoga dukungan ini akan terus membangkitkan semangat kami untuk tetap berjuang guna ikut serta menggerakkan roda perekonomian bangsa," ucap Sutisna, pemilik usaha konveksi binaan perseroan.

Baca juga: Lawan Covid-19, Zilingo Ajak Masyarakat Donasi Solidaritas Pengadaan APD untuk Tenaga Medis

Ungkapan senada juga dilontarkan Sucianto. Pengusaha Teraso dan marmer itu, juga mengambil momen mendukung Rekind dalam pembuatan portable hand wash.

Langkah ini diambil tatkala usaha miliknya sedang sepi.

"Ini momen yang tepat untuk mencoba mengembangkan usaha lain. Semoga berjalan sesuai harapan," ujar Sucianto.

Perseroan juga menjalankan program bantuan sembako dan handsanitizer di tiga RW di Kelurahan Kalibata, Jakarta Selatan. Bantuan ini dikhususkan bagi 1.430 kepala keluarga di wilayah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com