Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bagikan 185.000 APD ke 70 RS BUMN

Kompas.com - 06/05/2020, 13:33 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Bina Medika IHC mendonasikan 185.000 alat pelindung diri (APD) ke 70 Rumah Sakit BUMN.

”Sesuai penugasan dari Kementrian BUMN, bantuan APD tersebut akan di distribusikan kepada 70 rumah sakit BUMN yang berada di berbagai wilayah di Indonesia," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan tertulis, Rabu (6/5/2020).

Fajriyah mengatakan, sebelum didistribusikan, pihaknya telah memastikan kualitas APD sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .

Penyimpanan sekaligus pengecekan APD dilakukan di Gudang Pertamina Logistik Perkapalan seluas 1.800 M², yang semula diperuntukan sebagai inventory atau gudang alat-alat perkapalan.

Namun, selama pandemi Covid-19 Pertamina menggunakan sementara gudang tersebut sebagai tempat penyimpanan barang-barang bantuan.

"Pengolaan pendistribusian APD kepada rumah sakit – rumah sakit lain, baik milik Pertamedika IHC maupun RS BUMN lainya di koordinir oleh Pertamina Bina Medika IHC,” kata Fajriyah.

Melalui bantuan tersebut, Fajriyah berharap dapat membantu tenaga medis dalam menjalankan tugasnya selama pandemi Covid-19.

“Bantuan APD diharapkan bisa menjaga keselamatan dan keamanan para tenaga medis dalam menjalankan tugasnya merawat pasien Covid-19,” ucapnya.

Sebelumnya, Pertamina telah menyalurkan bantuan sebanyak 18.000 APD ke Pertamina Bina Medika IHC sebagai Rumah Sakit Holding BUMN yang ditunjuk pemerintah sebagai Rumah sakit rujukan Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com