Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerai McDonald's Tutup, Ini Kata Manajemen Sarinah

Kompas.com - 08/05/2020, 11:40 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –   PT Sarinah (Persero) atau pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin Jakarta bakal melakukan renovasi sekaligus mengubah strategi bisnisnya.

Terkait hal itu saat ini manajemen sedang melakukan proses pengosongan di gedung Sarinah Thamrin. Salah satu yang terkena dampaknya ada gerai McDonald's pertama di Indonesia, yang harus tutup mulai 10 Mei 2020 ini.

Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses perizinan renovasi dan para pemilik kios sedang mengemas barang dagangannya.

Baca juga: McDonalds Sarinah Tutup Mulai 10 Mei, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Menurut dia, total biaya renovasi pusat perbelanjaan itu mencapai Rp 700 miliar.

“Kurang lebih perkiraan kita untuk (biaya renovasi) fisiknya Rp 500 miliaran tanpa interior. Kalau dengan interior total Rp 700 miliar keseluruhan. Insya Allah bulan Juni setelah Lebaran mulai pemugaran. Ya (sekarang) sedang proses pengosongan dan proses perizinan,” kata Gusti kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Gusti mengatakan, transformasi Sarinah dilakukan mengingat kondisi bangunan yang sudah tua dan perlu sentuhan baru untuk mepercantik tampilan gedung.

Adapun tampilan gedung nantinya akan bernuansa ragam budaya Indonesia untuk mendukung ekosistem UKM dan industri kreatif di Indonesaia.

Gedung Sarinah ini gedung tua, ada 32 sampai 34 toko yang mulai beberes dari sekian banyak toko. Insya Allah ikut semua dan saat ini belum ada yang menyatakan berhenti total (kontrak). Tampilannya juga harus di-upgrade dengan konsep Konsep baru budaya Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Jualan Produk UKM, Sarinah Bukukan Penjualan Rp 400 Miliar

Sebelumnya, kabar mengejutkan muncul dari sebuah unggahan di media sosial yang menyebutkan, salah satu francise makanan cepat saji McDonald's berencana akan menutup kiosnya di Sarinah pada tanggal 10 Mei 2020 mendatang. Hal ini lantaran pihak pengelola gedung Sarinah akan melakukan renovasi.

Pihak manajemen McDonald's Indonesia membenarkan unggahan yang ramai dibicarakan warganet itu.

Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia Michael Hartono mengatakan, pihak manajemen Sarinah telah melayangkan surat kepada McDonald's pada 1 Mei 2020.

Baca juga: Erick Thohir Kritik Bisnis Model Sarinah yang Ketinggalan Zaman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com