Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus Rp 150 Juta, Harga Bitcoin Bakal Terus Merangkak?

Kompas.com - 08/05/2020, 18:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Harta mata uang kripto bitcoin menyentuh Rp 150 juta pada hari ini, Jumat (8/5/2020). Ini merupakan harga tertinggi sejak Agustus 2019 lalu.

Oscar Darmawan, CEO platform jual beli aset kripto Indodax mengatakan, kondisi ini menandakan tren kenaikan harga atau bullish sudah dimulai, seperti yang diramalkan sebelumnya.

Dia mengatakan, dalam beberapa bulan kedepan, bitcoin akan mengalami berpotensi mengalami kenaikan harga secara terus-menerus.

Baca juga: Dampak Virus Corona, Harga Bitcoin Bakal Terus Naik?

“Saya sependapat dengan para analis dari Amerika Serikat bahwa bitcoin akan mengalami tren bullish pada tahun ini. Hari ini harga bitcoin mencapai Rp 150 juta," kata Oscar dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).

Dia mengatakan, faktor yang mendongkrak harga bitcoin di antaranya adalah peralihan investor atau trader dari ekuitas atau saham. Para pemain saham dan ekuitas di seluruh dunia kompak dan secara masif beralih ke bitcoin.

Hal ini karena pasar ekuitas di seluruh dunia masih belum menunjukkan pemulihan karena wabah Covid-19.

“Peralihan pemain ekuitas membuat demand bitcoin meningkat dan membuat harga bitcoin juga meningkat. Kenaikan harga belakangan dimanfaatkan oleh mereka yang selama ini berinvestasi di saham atau bahkan produk lain untuk ikut bertransaksi di perdagangan kripto," ujar Oscar.

Baca juga: Perlukah Milenial Investasi ke Bitcoin?

Ia juga menyebut, selama Covid-19, harga bitcoin terus mengalami kenaikan. Faktanya, dua bulan lalu, harga bitcoin sempat menyentuh kisaran Rp 70 juta.

Sebelum menanjak ke Rp 150 juta, harga bitcoin sudah menunjukkan tren kenaikan harga dan sempat lama bertahan di sekitaran Rp 100 juta hingga Rp 110 juta pada April 2020.

Bitcoin mengalami tren kenaikan harga di saat produk investasi lain masih belum menunjukkan pemulihan, bahkan hingga saat ini,” lanjutnya.

Selain itu, faktor lainnya adalah orang-orang sudah mengambil posisi untuk menyambut halving day yang meurpakan pembatasan pasokan bitcoin. Momen halving day terjadi pada Mei 2020.

Baca juga: Harga Bitcoin Diprediksi Menguat Sepanjang Tahun Ini

Ini merupakan momen 4 tahun sekali di mana pasokan bitcoin akan berkurang setengahnya.

“Inilah kenapa harga bitcoin akan mengalami tren bullish pada tahun ini. Belum halving day saja harga bitcoin sudah meningkat, apalagi masa setelah halving day nanti,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com