Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Sarinah Proyek Pak Soekarno yang Luar Biasa...

Kompas.com - 10/05/2020, 10:34 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pembaharuan Sarinah perlu dilakukan untuk dapat tetap bersaing namun dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri.

"Sarinah sebuah project yang diciptakan Pak Soekarno yang luar biasa. Sarinah hari ini harus ada Sarinah ke depan, karena itu Pak Jokowi sendiri bersama saya mendiskusikan bagaimana supaya konsep ritel ini lebih friendly kepada Indonesia yang mana artinya ada keberpihakan pada merek lokal dan hasil UKM yang dikuratorkan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (9/5/2020).

Erick mengatakan, transformasi Sarinah pada intinya adalah kembali ke khitahnya dengan tetap menjaga keutuhan warisan para pendiri bangsa, namun dengan kemasan dan eksistensi kekinian dan yang menjanjikan pertumbuhan usaha berkelanjutan di masa depan.

Baca juga: Sarinah: Belum Ada Tenant yang Putuskan Kontrak Sewa

Di sisi lain lanjut Erick, gedung yang telah berusia lebih dari setengah abad ini memang sudah saatnya direnovasi untuk menjaga kekokohan struktur dengan mempertimbangkan Golden Rule terkait dengan keselamatan, kesehatan dan lingkungan hidup.

"Sebenarnya rencana renovasi sudah lama dicanangkan namun baru saat ini mulai digulirkan," kata dia.

Terkait jadwal renovasi, Erick Thohir menyebutkan rencananya akan dimulai bukan Juni 2020. Namun karena belum redanya wabah Covid-19 maka pekerjaan renovasi dimulai dengan pekerjaan design, arsitektur, pemetaan, audit dan teknis lainnya yang tidak menimbulkan kerumunan.

"Diharapkan jika wabah usai maka pekerjaan konstruksi bisa segera dimulai secara bertahap. Pada kesempatan yang tepat kami akan umumkan ke masyarakat peta arah dan cetak biru transformasi Sarinah dan mengharapkan restu dan dukungan seluruh masyarakat," sambungnya.

Baca juga: Gedung Sarinah yang Baru Akan Dilengkapi Pusat Kesenian dan Film

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com