Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi IHSG Hari Ini, 2 Sentimen Pengaruhi Gerak Indeks

Kompas.com - 13/05/2020, 09:09 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) diproyeksikan akan melemah hari ini. Sebelumnya IHSG ditutup negatif dengan penurunan 1,09 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan IHSG diproyeksikan akan terkoresi hari ini. Hal ini terjadi lantaran pasar terpecah dua, antara pendukung lockdown dan juga kekhawatiran penambahan kasus baru setelah pembukaan lockdown.

“Kayanya indeks hari ini bisa terkoreksi turun, jadi pasar itu perpecah dua, yang pertama orang optimis dengan pembukaan ekonomi lockdown, tapi di sisi lain orang khawatir gelombang kedua Covid – 19,” kata Hans kepada Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Revisi UU Minerba, Ini Beberapa Pasal yang Tuai Polemik

Ia mencontohkan beberapa kawasan yang menunjukkan penambahan kasus baru Covid-19 usai pembukaan lockdown, seperti China dan Jerman yang kasusnya kembali meningkat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan lockdown bisa dilakukan jika vaksin Covid-19 ditemukan, nyatanya ini harus menunggu 12 sampai dengan 18 bulan dan merupakan waktu yang tidak sebentar.

Sementara itu Presiden AS Donald Trump mengatakan, lokdown dalam periode lama juga akan meningkatkan jumlah kematian akibat over dosisi dan bunuh diri.

Dari sisi domestik, Hans menilai upaya pemerintah menghadirkan solusi likuiditas perbankan dengan kemunculan Bank Jangkar nyatanya tidak direspons pasar. Hal ini terlihat dari indeks perbankan yang merah pada penutupan kemarin.

Baca juga: Segera Cair, Ini Besaran THR Bagi Pensiunan PNS dan TNI-Polri

“Bank Jangkar itu kan dapat dana dari pemerinah, nantiya disalurkan ke bank lain karena perbankan restrukturisasi kredit yang artinya menunda pendapatan dan nantinya akan mengalami masalah likuiditas. Harusnya positif,” ujar dia.

Menurutnya dengan kemunculan Bank Jangkar seharusnya mampu menyelamatkan likuiditas perbankan karena pinjaman dana yang diberikan dari pemerintah dan masuk dalam dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Hans memproyeksikan IHSG hari ini akan berada pada support level 4.552 sampai dengan 4.441, dan resistan pada level 4.659 sampai dengan 4.747.

Baca juga: Cara Cairkan Saldo Kartu Prakerja di OVO, LinkAja dan GoPay

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com